Cara Atasi Gangguan Tidur Agar Lebih Lelap

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mendapatkan tidur yang berkualitas merupakan dambaan setiap orang. Pasalnya, dengan tidur yang berkualitas, ia akan mendapatkan banyak sekali keuntungan baik untuk kesehatan ataupun kecantikannya. Beberapa manfaat tersebut seperti memacu kreatifitas, meningkatkan daya ingat, mengurangi stres dan kelelahan, kulit lembut, mata yang indah dan lain sebagainya.

Menurut data dari The National Sleep Foundation, Amerika Serikat, orang dewasa setidaknya menggunakan 7-9 jam waktunya untuk tidur. Nah, dengan tidur yang cukup itulah, Anda bisa meraih dampak positif dari tidur tersebut.

Hanya saja, menjadikan tidur yang berkualitas ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini disebabkan karena banyak sekali gangguan tidur yang sering Anda alami sehingga tidur Anda menjadi nyaman dan waktu tidurnya pun akan berkurang. Beberapa gangguan tidur seperti insomnia, sering terjaga malam, mimpi buruk dan beberapa gangguan lainnya bisa membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas.

Untuk mengatasi gangguan tidur tersebut, beberapa hal berikut akan berguna.

Hindari Nonton Film Horor

Poin ini berguna bagi Anda yang mengalami gangguan tidur seperti mimpi buruk. Hal ini bisa dikarenakan tayangan horor tersebut masih teringat dibenak Anda dan inilah yang kemudian bisa terbawa kedalam mimpi.

Meskipun menonton film horor bukan menjadi satu-satunya alasan kenapa Anda bermimpi buruk, namun menghindari nonton film atau membaca buku horor sebelum tidur akan meminimalisir terjadinya mimpi buruk Anda.

Tidur dalam Keadaan Gelap

Dipercaya atau tidak, tidur dalam keadaan gelap akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman dan terhindar dari gangguan tidur berupa sering bangun malam ataupun untuk gangguan insomnia. Tidak hanya membuat tidur Anda nyaman, tidur dengan mematikan lampu juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Joan Robert, seorang ahli biologi menyatakan bahwa tidur dengan mematikan lampu bisa membuat tubuh memproduksi hormon melatonin, yaitu hormon kekebalan tubuh yang bisa mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit yang berbahaya seperti kanker. Justru sebaliknya, menyalakan lampu saat tidur menyebabkan produksi hormon melatonin ini terganggu.

Perbaiki Kondisi Kamar

Gangguan tidur seperti sering terbangun atau mimpi buruk bisa saja disebabkan karena kondisi kamar yang sangat berantakan. Ini juga bisa membuat Anda sulit tidur karena pengap, bau, ataupun barang-barang yang berserakan dimana-mana. Bersihkanlah kamar Anda, tata buku diraknya, aksesoris, baju kotor, dan segala macam yang membuat kamar menjadi berantakan.

Buka juga jendela kamar setiap pagi atau siang hari agar udara bisa bebas keluar masuk. Dengan kondisi yang rapi, bersih dan nyaman seperti itu, maka gangguan tidur seperti insomnia, mimpi buruk ataupun gangguan tidur lainnya akan bisa diminimalisir.

Jangan banyak Minum air atau Makan

Kesalahan yang sering dibuat banyak orang adalah banyak makan atau minum air putih sebelum tidur. Kondisi perut yang kenyang akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman dan yang lebih parahnya adalah Anda harus bersiap bangun malam karena BAB.

Karena itu, cobalah untuk tidak makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur. Selain itu, hindari pula mengkomsumsi produk kafein seperti coklat, kopi, ataupun rokok sebelum tidur. Karena hal ini justru akan membuat Anda tidak bisa mengantuk.

Singkirkan Suara yang Mengganggu

Jika Anda insomnia, maka suara-suara yang menganggu seperti nada ponsel, TV ataupun laptop akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Tidak hanya itu saja, suara-suara tersebut akan membuat Anda sering terjaga.

Oleh karena itu, sebelum tidur, maka matikanlah nada ponsel, TV dan laptop Anda agar Anda bisa memulai tidur lelap Anda.

**

Nah, itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi beberapa gangguan tidur. Dengan beberapa kiat tersebut, Anda dengan mudah mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyaman sehingga kesehatan dan kecantikan Anda pun tetap terjada.

Semoga tips ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *