Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan

sehat di bulan ramadhanPuasa setiap hari selama sebulan penuh di bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah kewajiban.

Puasa adalah menahan diri dari memakan makanan dan minuman (lapar dan haus), serta segala hal yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbitnya fajar hingga masuknya waktu berbuka puasa.

Nah, dalam upaya menahan lapar dan haus tersebut kemungkinan kesehatan dan kebugaran tubuh kita akan terganggu, baik itu karena kekurangan nutrisi maupun dehidrasi yang mungkin menyebabkan kita jatuh sakit.

Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan dengan mengatur kebutuhan nutrisi secara berimbang, agar bisa menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan.

Redaksi DokterCantik.com kali ini akan menyajikan beberapa tips sehat selama bulan ramadhan, semoga dapat membantu Anda tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh hingga waktunya lebaran Idul Fitri nanti.

Tips Sehat Ramadhan Saat Sahur

  1. Perbanyak mengkonsumsi makanan tinggi serat untuk memperlambat proses pencernaan agar dapat membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Insulin adalah hormon yang berfungsi mengeluarkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh sebagai sumber energi.
  2. Hindari minum kopi atau sejenisnya yang mengandung kafein karena meminum kopi pada waktu sahur akan mempercepat rasa dahaga pada siang harinya.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang manis-manis atau banyak mengandung gula karena hal itu akan mempercepat reaksi tubuh untuk melepaskan insulin.
  4. Hindari tidur pada saat setelah sahur agar tubuh kita tidak cepat lemas pada siang harinya setelah bangun.
  5. Lakukan olahraga ringan pada pagi hari

Tips Sehat Ramadhan Saat Berbuka

  1. Sebaiknya mengkonsumsi air putih dan kurma sebelum mengkonsumsi makanan lainnya.
  2. Sebaiknya meminum air putih biasa dari pada air es atau air hangat karena air putih biasa lebih cepat terserap oleh tubuh dibanding air hangat atau air es.
  3. Memperbanyak konsumsi karbohidrat untuk mengembalikan energi dengan cepat, setelah itu baru meminum segelas teh hangat.
  4. Hindari minuman yang berkarbonat karena hal ini akan memicu perut kembung.
  5. Janagn mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak dalam satu waktu, sebaiknya makanlah secara bertahap dengan porsi yang ringan tetapi dalam beberapa kali.

**********

Menjaga kebugaran tubuh dengan memperbaiki pola makan saat menjalani puasa sangat dianjurkan agar kita tetap bugar dan siap untuk menjalani puasa di hari berikutnya.

Semoga tips sehat selama bulan ramadhan di atas bermanfaat untuk Anda.

Selamat menunaikan ibadah puasa.

Salam sehat!