Cara Merawat Mata Sehat Tanpa Kacamata

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah Anda sering memakai kacamata? Kacamata jenis apa yang Anda gunakan? Kacamata minus, plus, atau kacamata normal untuk sekedar mencegah radiasi dan polusi udara?

Berbagai jenis dan model kacamata bisa membuat Anda bergaya dan merasa lebih percaya diri. Atau mungkin Anda merasa kesulitan melihat atau membaca tanpa kacamata?

Mata merupakan salah satu indera yang utama pada manusia. Kesehatan mata harus dijaga agar berfungsi dengan baik. Penurunan fungsi pada satu atau beberapa jaringan dalam organ mata seperti lensa dan otot-otot syaraf mata akan menyebabkan mata mengalami rabun jauh, rabun dekat, dan penyakit mata lainnya. Akibatnya mata sulit melihat dengan jelas dan membutuhkan kacamata minus, plus atau silinder.

Bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat?

Dari hasil penelitian seorang spesialis mata bernama Dr. William Bates yang dituliskan dalam bukunya berjudul “Better Eyesight Without Glasses” (1920), sebenarnya mata bisa dilatih agar otot-ototnya tidak mengalami ketegangan.

Cara merawat mata agar tetap sehat  adalah sebagai berikut:

1. Menggoyangkan bola mata

Berdiri tegak di tempat yang relatif luas, fokus pada titik yang jauh, goyangkan bola mata ke kiri dan ke kanan secara maksimal atau berkedip sebanyak 100x untuk membersihkan mata.

2. Berjemur

Pada saat cuaca cerah atau berada di ruangan yang sangat terang, lihatlah ke arah matahari atau cahaya lampu dengan mata tertutup. Gerakkan kepala perlahan ke kiri dan ke kanan hingga hampir menyentuh pundak. Gunanya untuk memperlancar sirkulasi darah ke leher. Lakukan selama 3 – 5 menit.

3. Bersembunyi

Duduk di depan meja dan taruh beberapa bantal hingga tingginya sejajar dengan mata. Letakkan kedua siku di atas bantal dan tutup mata dengan kedua telapak tangan hingga tidak ada cahaya yang masuk. Bernafaslah dengan santai dan perlahan selama 10 menit, 2-3 kali sehari.

4. Memilih satu warna dalam sehari

Pilih satu warna berbeda setiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warnanya daripada bentuknya.

5. Menggeser penglihatan

Jika Anda lebih sering berhadapan dengan layar monitor dan tidak ada waktu untuk mengistirahatkan mata, sempatkan untuk menggeser penglihatan Anda ke arah benda-benda lain di dalam ruangan atau melihat ke luar jendela selama beberapa menit dengan tujuan untuk meningkatkan penglihatan peripheral dan dapat membantu rabun jauh, rabun dekat dan masalah penglihatan lainnya.

Latihan tersebut dapat dikatakan olahraga mata, karena berkaitan dengan kelenturan lensa, otot-otot, syaraf dan pembuluh darah di dalam mata dan sekitar mata.

Tips menjaga kesehatan mata

Di samping olahraga mata, kesehatan mata juga dapat dijaga dengan cara-cara yang sudah umum diketahui dan diajarkan sejak kecil, yaitu:

– Menjaga jarak pandang

Membaca buku dengan jarak tidak kurang dari 30 cm ke mata, atau menonton televisi dengan jarak minimal 5x ukuran diagonal layar televisi.

– Membaca, menonton dan bekerja di depan komputer dengan cahaya yang terang

Ruangan yang gelap atau remang-remang akan memaksa lensa mata bekerja lebih berat dan berakibat pada pengurangan fungsi serta kelelahan mata.

– Membersihkan debu pada layar komputer atau televisi

Debu yang menempel di layar memaksa mata bekerja lebih keras.

– Menggunakan kacamata anti radiasi

Khususnya bagi Anda yang banyak bekerja di depan layar monitor atau di bawah sinar matahari.

– Mengkonsumsi vitamin A

Jus wortel dipercaya mampu menjaga kesehatan mata dan mengurangi minus pada mata.

– Rajin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata

Jangan ragu untuk memeriksakan mata ke dokter, karena penanganan penyakit pada mata hanya dengan penggunaan kacamata tanpa konsultasi ke dokter belum tentu bisa mengurangi penyakit bahkan bisa menambah berat penyakit tersebut.

***

Jika Anda peduli dengan mata Anda, maka Anda akan melihat dunia dengan lebih bersinar. Semoga kesehatan mata Anda tetap terjaga.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *