9 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Hamil Muda

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mendapatkan kabar kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami isteri. Terutama pasangan yang telah lama mengidamkan datangnya buah hati. Akan tetapi, berita kehamilan bukanlah akhir tapi awal bagi seorang perempuan untuk memperjuangkan agar bayi yang dikandung selamat sampai lahir.

Harus diketahui bahwa tidak semua perempuan yang hamil bisa menggendong dan menyentuh bayinya kelak. Kandungan itu ada yang berhasil sampai melahirkan dan ada yang tidak.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang hamil muda, yuk intip tips di bawah ini.

Hindari aktivitas berat

Salah satu bahaya yang mengancam ketika seseorang hamil muda adalah keguguran. Kandungannya mungkin belum terlalu kuat tapi sudah beraktivitas berat. Kalau bisa kurangi waktu bekerja dan tidak melakukan berbagai kegiatan di rumah tangga seperti biasa. Jangan paksakan harus menyelesaikan semua tugas karena kondisi tubuh saat hamil berbeda dengan sebelum hamil.

Hati-hati dengan obat-obatan

Sebagian perempuan mungkin memiliki penyakit tertentu dan mengkonsumsi banyak obat-obatan. Ketika mengetahui hamil, sebaiknya kunjungi dokter dan tanyakan apakah obat tersebut akan berpengaruh buruk pada kandungan. Begitu juga, hindarilah pemakaian kosmetik pemutih yang mengandung zat kimia berbahaya karena bisa berakibat fatal pada janin.

Lakukan olahraga dan senam hamil

Hamil tidak berarti seorang perempuan malas-malasan setiap hari di tempat tidur dan tidak bergerak. Lakukanlah olahraga ringan sekali berapa hari. Jika perlu berjalan di sekitar rumah setiap pagi. Selain mendapatkan udara pagi yang segar, hal ini juga akan membuat tubuh lebih segar dan sehat. Tak lupa, senam hamil itu juga perlu tapi untuk senam ini tentu harus ada instrukturnya.

Dukung dengan istirahat dan tidur yang cukup

Kebiasaan ibu hamil yang kurang tidur dan bergadang secara tidak langsung akan berpengaruh pada kehamilan. Menjaga waktu dan jumlah tidur itu sebuah keharusan.

Waspadai makanan cepat saji

Sebaiknya, selama hamil mengkonsumsi makanan dan minuman yang alami. Makanan yang cepat saji biasanya memakai zat kimia yang berfungsi sebagai pengawet agar makanan tahan lama. Memakan makanan yang dimasak sendiri jauh lebih baik untuk pertumbuhan bayi. Disamping itu, jauhi juga alkohol, merokok atau asap rokok, minuman berkafein dan sebagainya.

Jaga gerak tubuh

Gantilah posisi tubuh berkali-kali. Jangan terlalu kelamaan duduk atau terlalu sering berdiri. Pinggang dan kaki ibu hamil kadang mudah pegal. Jika badan terasa capek dan pegal-pegal, cobalah untuk berbaring sejenak.

Hindari perjalanan berjam-jam

Jika biasanya sering melakukan perjalanan dan petualangan seperti jelajah alam, ketika hamil sebaiknya dihentikan dulu sementara waktu.  Perjalanan jauh dan berjam-jam akan mempengaruhi kesehatan tubuh ibu hamil. Kesehatan bayi dalam kandungan tergandung pada kesehatan ibunya.

Usahakan makan dan minum meski muntah

Hamil muda merupakan usia hamil pada trimester pertama dimana identik dengan morning sickness seperti muntah, lemas, lesu dan sebagainya. Jika sebelum hamil, para ahli menyarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Begitu juga pada waktu hamil, saran ini tetap berlaku bahkan lebih ditekankan lagi. Bagaimanapun, untuk pertumbuhan janin, dibutuhkan air, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.

Mengkondisikan hubungan intim

Pada dasarnya, ketika hamil suami isteri masih boleh melakukan hubungan intim. Namun, dituntut lebih hati-hati apalagi kalau kandungan isteri baru beberapa mingggu. Pasangan suami isteri harus mempelajari secara khusus bagaimana strategi berhubungan ketika hamil agar tidak menganggu bayi dalam kandungan.

***

Jalani setiap hari lebih gembira dan jauhi kecemasan yang berlebihan sehingga hamil menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kondisi mental dan psikologi ibu berperan lho terhadap perkembangan janin. Semoga tips di atas bisa membantu dalam mempertahankan calon bayi Anda ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *