Masalah Kesehatan pada Bayi Baru Lahir

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebagai orang tua, Anda tentu sangat bahagia dengan kelahiran bayi Anda, terlebih jika bayi Anda lahir dalam keadaan normal dan sehat. Hanya saja, kebahagiaan Anda bisa saja berkurang manakala sang bayi mengalami masalah pada kesehatannya.

Pada kenyataannya, banyak sekali masalah terkait kesehatan yang sering menyerang bayi yang baru dilahirkan meskipun ia lahir dalam keadaan yang sehat. Oleh karena itu, Anda harus tetap ekstra perhatian dalam merawat bayi yang baru lahir ini apalagi menyangkut kesehatannya.

Jangan sampai kebahagiaan Anda hilang karena bayi sakit. Untuk itu, ada baiknya Anda tahu dengan beberapa masalah kesehatan pada bayi baru lahir berikut disertai dengan cara mengatasinya sehingga bisa menjadi bekal untuk Anda merawat kesehatan baru lahir.

Adapun beberapa masalah kesehatan yang terjadi pada bayi baru lahir yaitu:

Gangguan Napas

Sebagian besar bayi baru lahir mengalami sesak napas. Anda bisa melihat dari bunyi atau suara seperti mendengkur saat ia menarik dan menghembuskan napas. Meski terdengar sederhana, namun gangguan pernapasan ini menjadi salah satu penyebab kematian pada bayi baru lahir.

Beberapa gangguan pernapasan yang sering dialami bayi baru lahir seperti sumbatan saluran nafas bagian atas, penyakit paru (pneumonia, atelektasis paru), dan kelainan pada dinding dada (hernia diafragmatika).

Jika Anda mendapati bayi mengalami gangguan seperti itu, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar bisa diberikan penanganan lebih lanjut. Apakah bayi harus diberi alat bantu pernapasan (ventilator), oksigen, cairan infus, pemberian antibiotika dan penanganan lainnya.

Kedinginan (Hypotermia)

Masalah lain yang sering dialami bayi baru lahir adalah hipotermia atau kedinginan. Hypotermia terjadi tatkala bayi mengalami penurunan suhu tubuh dibawah 36,50 Celcius atau bahkan lebih rendah.  Kondisi ini dapat disebabkan karena faktor lingkungan atau karena bayi dalam keadaan basah dan tidak berpakaian.

Jika kondisi ini dibiarkan saja, maka bayi bisa mengalami stress dingin. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kondisi ini yaitu dengan memberikan pakaian hangat pada bayi, jangan mandikan bayi terlalu lama, dan lakukan sentuhan dengan bayi apakah dengan memeluknya atau mengusap-usap tangannya. Hal ini dilakukan agar bayi tetap hangat.

Kotoran Pada Mata

Sebagian besar bayi baru lahir mengalami hal ini karena adanya sumbatan pada saluran air mata bayi ataupun karena infeksi jalan lahir ketika proses persalinan berlangsung. Pada kondisi normal, kotoran yang muncul biasanya hanya sedikit dan tidak membuat mata lengket.

Sementara untuk kondisi yang parah, kotoran tersebut banyak sehingga membuat bayi susah membuka mata dan merasa tidak nyaman. Jika hal ini terjadi, maka bersihkanlah kotoran tersebut dengan hati-hati menggunakan bahan yang lembut dan bersih agar tidak terinfeksi.

Infeksi Tali Pusat

Tali pusar selalu dipotong setelah bayi lahir, karena itulah hasil pemotongan tersebut beresiko terinfeksi jika tidak dibersihkan dan diperhatikan dengan baik. Potongan tali pusat ini biasanya akan mengering dan rontok dengan sendirinya dalam waktu kurang dari satu bulan. Hanya saja, jika dalam masa tersebut Anda tidak bisa membersihkannya dengan baik, maka tali pusat bisa mengalami infeksi hingga menjalar ke pusar bayi itu sendiri.

Bersihkan dengan air matang dan sabun, kemudian keringkan dengan kain bersih yang lembut, jangan biarkan lembab apalagi basah dalam waktu lama. Jika tali pusat tetap bermasalah, maka Anda bisa membawanya ke dokter untuk konsultasi.

***

Demikianlah beberapa jenis masalah yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Semoga dengan tips tersebut Anda bisa menyempurnakan kebahagiaan Anda karena melihat bayi yang sehat dan lincah.   

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *