Nutrisi Terbaik Untuk Perkembangan Otak Bayi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bayi membutuhkan banyak sekali nutrisi agar perkembangan otaknya berjalan dengan baik karena dipercaya atau tidak, masa perkembangan otak terbaik adalah pada masa bayi dan anak-anak yaitu sekitar 3-4 bulan dalam kandungan hingga bayi berusia 3 tahun.

Karena pembentukan sel-sel otak telah dibentuk semenjak janin berusi 3-4 bulan, maka Anda yang tengah hamilpun perlu mengkomsumsi nutrisi agar berdampak baik pada perkembangan otak janin yang ada dalam kandungan Anda.

Jika bayi kehilangan nutrisi penting untuk otaknya, maka kecerdasan, kemampuan berpikir dan keterampilan fisiknyapun akan berkurang. Untuk itu, beberapa nutrisi terbaik yang akan berguna untuk perkembangan otak bayi Anda:

Asam Lemak Omega 3

Asam lemak Omega 3 sudah dikenal sejak lama sebagai nutrisi yang baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak bayi dan anak. Asam lemak omega 3 sangat baik untuk membentuk pembungkus saraf, sistim saraf pusat dan otak.

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang cukup mendapatkan asupan asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) mengalami peningkatan skor tes kecerdasan, kemampuan bersosialisasi, perhatian dan peduli terhadap lingkungan, serta peningkatan koordinasi tangan dan mata.  Selain asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 dan 9 juga penting dalam perkembangan otak anak.

Sumber omega-3 terbaik bisa Anda temukan pada ikan salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian, selada, bayam, mangga, pepaya dan beberapa sumber lainnya. Ada baiknya ibu memberikan asupan nutrisi ini kepada anak.

Triyptophane

Triyptophane juga dikenal sebagai nutrisi yang baik bagi perkembangan dan kecerdasan otak. Sebenarnya triyptophane ini merupakan salah satu bentuk asam amino, ia menjadi bahan penting untuk menciptakan neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang berfungsi dalam pemusatan perhatian, memproses informasi dalam otak, pengendalian diri serta emosi dan perilaku anak.

Selain itu, teman lain dari triyptophane ini yaitu tyrosine yang juga termasuk asam amino. Tyrosine ini berperan penting meningkatkan fungsi otak dalam menyerap berbagai informasi. Nutrisi ini bisa Anda temukan pada telur, susu, pisang, keju, dan daging.

Asam Amino

Nutrisi lain yang baik untuk perkembangan otak adalah asam amino karena asam amino ini berperan dalam membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (neurotransmitter), mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat didalam system saraf atau acetylcholine yang penting untuk daya ingat.

Asam amino ini bisa Anda dapatkan dari daging sapi, telur, daging ayam, produk susu, kacang kedelai, alpukat, kacang-kacangan, dan beberapa jenis buah dan sayur lainnya.

Vitamin B

Vitamin B kompleks memiliki banyak peran dalam membantu perkembangan dan kecerdasan otak. Vitamin B1 berperan dalam menjaga kesehatan otak dan sel-sel saraf. Vitamin B 5 berperan dalam membantu transmisi signal pada sistem saraf.

Vitamin B 6 berfungsi atas pembentukan zat pembungkus sel saraf dan enzim otak. Selain itu, vitamin B 12 juga berperan dalam pembentukan myelin yang penting untuk membentuk lapisan di sekitar serat saraf yang bertindak seperti isolasi.

Vitamin B 12 ini sering dikaitkan atas pengurangan gejala kerusakan saraf, kehilangan memori, ataupun kelambatan mental. Anda bisa mendapatkan vitamin B ini dari telur, daging, ikan, biji bunga matahari, wortel, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

***

Nah, itulah beberapa nutrisi yang akan membuat anak Anda tumbuh dengan kecerdasan, keterampilan, keaktifan yang luar biasa. Ibu yang tengah hamil pun bisa mengkonsumsi nutrisi penting ini agar bayi dalam kandungannya tetap berkembang dengan baik karena pembentukan sel-sel otak sudah dimulai sekitar 3-4 bulan dalam kandungan.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *