Mengenal Lebih Jauh Bakteri Salmonella

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tifus atau tipes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang banyak menyerang anak-anak, remaja hingga dewasa. Taukah Anda bahwa ternyata satu-satunya bakteri yang berperan penting dalam pembentukan penyakit berbahaya ini adalah bakteri salmonella.

Tidak hanya penyakit tifus, virus ini juga menciptakan banyak jenis penyakit lain seperti dehidrasi ekstrem, demam, diare, tifoid, paratifoid, dan foodbome. Lalu, apasih sebenarnya bakteri salmonella ini?

Mengenal Bakteri Salmonella

Salmonella dinamai dari seorang ahli patologi Amerika bernama Daniel Edward Salmon, meskipun sebenarnya temanya Theobald Smith lah yang pertama kali menemukan bakterium ini pada tahun 1885 pada tubuh babi.

Salmonella merupakan bakteri dari genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk kotak dan terdapat banyak sekali jenisnya yang bisa menular. Bakteri jenis ini banyak ditemukan pada daging terinfeksi, hewan perliharaan seperti kura-kura, unggas anjing, kucing, reptil, dan hewan ternak yang terinfeksi, makanan tercemar. Selain itu, bakteri ini juga bisa menular lewat kontak fisik dengan orang yang terinfeksi virus ini.

Seperti yang dikatakan diawal, bakteri ini menjadi penyebab utama penyakit tifus, gangguan pencernaan, hingga dehidrasi ekstrem. Jika kondisi ini dibiarkan saja, maka resiko terburuk yang bisa ditimbulkannya adalah kematian.

Tips Untuk Meminimalir Terjangkit Bakteri Salmonella

Karena itu, untuk meminimalisir terjangkitnya bakteri ini, maka beberapa poin berikut penting untuk Anda perhatikan.

Perhatikan Kebersihan Tangan dan Dapur

Cara efektif untuk mencegah masuknya bakteri salmonella dalam tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup yang bersih seperti mencuci tangan sebelum maka dan membersihkan area dapur. Pada kenyataannya, banyak orang yang tidak begitu membersihkan tangannya sebelum makan padahal mereka baru saja selesai BAB.

Kondisi ini akan menyebabkan bakteri salmonella yang mungkin saja mengendap di tangan masuk dalam makanan dan akhirnya tertelan. Selain kebersihan tangan, perhatikan pula kebersihan dapur Anda saat memasak. Perhatian utama Anda adalah pada ayam atau daging yang dibekukan. Segera buang air hasil pembekuan dan cuci bersih benda-benda yang terkena air hasil pendinginan tersebut. Karena hal ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bakteri salmonella.

Makan Makanan Yang Matang

Ayam ataupun daging yang tidak dimasak dengan matang bisa menjadi salah satu penyebab berkembangnya virus salmonella. Sebaliknya, memasak makanan dengan baik, tidak terlalu matang dan tidak terlalu gosong akan mampu membunuh dan menghindari salmonella. Ada baiknya Anda tidak terlalu sering mengkomsumsi telur setengah matang ataupun mentah.

Kondisi ini dikarenakan bakteri salmonella banyak terdapat pada kulit telur yang kotor. Bakteri tersebut akan masuk ke dalam telur melalui pori-pori kulit telur yang retak ataupun lembab. Nah, jika Anda mengomsumi telur dalam keadaan mentah, maka Anda juga ikut menelan bakter-bakteri tersebut.

Usahakan juga tidak mengomsumsi makanan yang agak basi meskipun baunya belum tercium atau warnanya tidak berubah. Hal ini karena biasanya salmonella tidak merubah warna pada tahap awalnya, tapi begitu ia berkembang pesat, barulah makanan itu akan berubah warna menjadi biru atau berbau.

Kontrol Suhu dengan baik

Cara penyimpanan yang salah juga bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri salmonella ini. Jika Anda menyimpan daging, ayam, atau jenis makanan lainnya, maka simpanlah di bawah suhu lima derajat Celsius. Sementara makanan hangat harus tetap hangat di atas suhu 60 derajat Celcius yaitu berkisar 73 derajat Celcius.

Makanan yang dipanaskan harus dalam proses yang cepat sehingga setiap bagian makanan bisa matang dengan sempurna. Selain itu, jika Anda ingin memanaskan lagi ayam atau makanan keesokan harinya, maka pastikan suhunya tetap sama dan pastikan seluruh bagian telah mengalami pemanasan dengan sempurna.

Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang kurang sehat juga ikut menambah berkembangnya penyakit ini. Rajin-rajinlah mengomsumsi buah dan sayur, terlebih buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C agar terbentuknya antibodi, kekebalan tubuh, antioksidan ataupun memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan segala jenis bakteri dan virus yang masuk, termasuk juga bakteri salmonella ini.

Meskipun asam lambung manusia dapat membunuh infeksi salmonella, tapi tidak semua bakteri ini bisa dimusnahkan. Ada sebagian bakteri salmonella yang lolos dan masuk ke dalam usus dan menembus pada sel-sel dalam tubuh. Karena itu, Anda bisa membantu kerja enzim atau asam lambung ini dengan cara memulai pola hidup yang sehat.

***

Nah, itulah pembahasan sekilas tentang bakteri salmonella dan bagaimana mencegahnya. Dengan mencegah terjangkitnya bakteri salmonella, berarti Anda juga mencegah terjadinya penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus ini.

Orang yang terjangkit bakteri ini mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, kekejangan perut, diare, mual hingga muntah. Jika Anda mengalami kondisi ini, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar perkembangan bakteri tidak semakin menyebar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *