Mengenal Manfaat Kapur Sirih

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sirih banyak dikenal sebagai tanaman herbal sejak zaman kakek nenek kita dulu. Orang-orang tua sering mengunyah daun sirih yang dicampur dengan kapur dan pinang supaya giginya menjadi kuat.

Mengapa demikian? Kapur terbuat dari batuan karang yang dibakar menjadi abu berwarna putih. Proses pembuatan kapur sirih cukup sulit dan biasanya dilakukan di daerah pesisir pantai di mana banyak ditemukan bahan bakunya di sana.

Kapur sirih mengandung banyak kalsium. Oleh sebab itu banyak manfaat yang bisa diambil dengan menggunakan kapur sirih, khususnya untuk kesehatan.

Kapur sirih mempunyai banyak manfaat di antaranya untuk pengobatan herbal, kecantikan, dan untuk campuran bahan pengolah makanan.

Manfaat kapur sirih untuk pengobatan herbal

Kapur sirih mengandung banyak manfaat untuk digunakan sebagai bahan pengobatan herbal, antara lain:

Mengobati penyakit encok

Remas-remas daun singkong dan kapur sirih lalu oleskan secara merata pada bagian tubuh yang terkena encok. Lakukan secara rutin 3x sehari.

Menghilangkan kutil

Bersihkan bagian tubuh yang tumbuh kutil, keringkan, tempelkan kapur sirih, kemudian tutup dengan plester. Ganti plester setiap 2 atau 3 hari. Biasanya sekitar 2 atau 3 bulan kutil akan benar-benar hilang.

Menghilangkan gatal tenggorokan

Campur air jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih dan minum. Atau campur air jeruk nipis dengan 1 1/2 sendok makan madu dan garam. Aduk sampai rata, saring, dan minum 2-3 kali sehari.

Menyembuhkan kanker pada kulit

Oleskan kapur sirih yang sudah dicampur dengan sedikit detergen pada kulit yang ditumbuhi kanker. Gejala kanker lama-kelamaan akan menghilang.

Menyembuhkan sakit perut anak-anak

Daun sirsak yang telah bercampur kapur sirih dioleskan pada perut anak yang sakit.

Manfaat kapur sirih untuk kecantikan

Khusus untuk perawatan kecantikan, kapur sirih dapat digunakan untuk:

Menghilangkan kerutan setelah melahirkan

Campurkan satu sendok makan kapur sirih degan 1/2 sendok makan kayu putih dan 1 buah air perasan jeruk nipis. Oleskan pada perut setiap habis mandi, kemudian lilit dengan gurita. Selain menghambat timbulnya kerutan di perut, kapur sirih juga membuat perut terasa hangat.

Memutihkan ketiak

Campur 1 (satu) sendok makan kapur sirih dengan air perasan dari 1 (satu) buah lemon dan oleskan pada kulit ketiak. Diamkan selama 15 menit dan cuci bersih. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.

Menghilangkan bau badan

Belah jeruk nipis jadi 2 bagian, oleskan dengan kapur sirih tipis-tipis, lalu oleskan pada kulit ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit, kemudian cuci bersih.

Memutihkan pangkal paha

Campur kapur sirih dan perasan jeruk nipis sampai tercampur rata kemudian usapkan pada bagian selangkangan anda. Lakukan cara ini sesering mungkin agar hasil yang anda dapatkan cepat tercapai.

Merontokkan bulu ketiak

Lumuri ketiak dengan kapur sirih yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis, lalu diamkan selama 15-20 menit setelah itu bersihkan dengan air bersih. Ulangi hal tersebut setiap tiga kali seminggu.

Manfaat kapur sirih untuk campuran makanan

Kapur sirih juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk makanan, antara lain:

Campuran adonan makanan/kripik

Tambahkan kapur sirih ke dalam adonan bumbu yang akan digunakan untuk menggoreng makanan secukupnya saja, misalnya tempe, kripik, kentang, dan lain-lain.

Membentuk tekstur makanan

Kapur sirih berfungsi membentuk tekstur keras atau padat pada bahan makanan. Dalam proses membuat ketupat, kandungan kalsium di dalam kapur sirih akan bereaksi dengan pati dari beras, sehingga ketupat akan bertekstur lebih padat (tidak lembek).

Agar tidak terlalu keras, jangan terlalu lama merendam, cukup 60 menit. Gunakan perbandingan 1 L air : 1 sdm air kapur sirih.

**

Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan Anda bisa memanfaatkan kapur sirih sesuai kebutuhan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *