6 Tips Memutihkan Kuku Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kebersihan dan kecantikan kuku seringkali diabaikan dalam penampilan seseorang, karena ukurannya yang sangat kecil dibandingkan dengan keseluruhan tubuh yang terlihat dari luar, dan dianggap kurang menjadi perhatian orang lain.

Kebersihan kuku sangat penting, terutama kaitannya dengan aktivitas makan dan minum. Tanpa disadari, kuman pada kuku bisa saja mengotori makanan dan minuman yang kita konsumsi, secara langsung maupun tidak langsung, misalnya melalui perantara tissue, sendok atau gelas.

Padahal tangan kita melakukan banyak hal lain seperti menulis, menggaruk, memegang suatu benda, menyentuh kendaraan, dan lain-lain. Sementara tidak mungkin kita selalu mencuci tangan dalam setiap kegiatan.

Kecantikan kuku kadang menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi orang-orang yang pekerjaannya banyak menampilkan tangan seperti penjaga loket, guru, sekretaris, atau model.

Kebanyakan wanita menginginkan kuku yang indah dengan menggunakan pewarna atau cat pada kuku mereka, namun bisa berakibat lama kelamaan kuku menjadi berwarna kekuningan dan tampak kusam. Banyak juga yang melakukan perawatan kuku di salon dan menghabiskan biaya cukup besar. Padahal sebenarnya ada cara alami yang bisa membuat kuku cantik, tanpa merusaknya dan tanpa mengeluarkan banyak uang.

Bagaimana Cara Memutihkan Kuku?

Kuku bersih adalah kuku yang putih secara alami. Adapun penggunaan pewarna kuku hanya sebagai pemercantik penampilan kuku.

Cara memutihkan kuku secara alami adalah menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

1. Lemon atau jeruk nipis

Selain aman, cara menggunakan lemon sebagai pemutih kuku sangat mudah. Cukup gosokkan lemon pada kuku-kuku anda, maka kuku anda menjadi putih dan bersih. Lemon juga dapat membuat kuku anda menjadi mengkilap. Namun demikian, lemon juga bisa membuat kulit menjadi kering. Usahakan untuk memakai pelembab pada kuku ketika Anda sudah selesai menggosokkan lemon pada kuku Anda. Jangan lupa untuk mencuci lemon atau jeruk nipis sebelum digosokkan pada kuku Anda.

2. Cuka putih
Ambil semangkuk air hangat lalu tuangkan beberapa tetes cuka putih di dalamnya. Rendam kuku Anda selama 8 – 10 menit.

3. Air sabun
Siapkan semangkuk air sabun yang sudah ditambahkan dengan air perasan lemon. Rendam kuku Anda dalam air sabun tersebut selama 10 – 15 menit.

4. Baking powder
Campur baking powder dengan air hangat. Rendamlah kuku Anda hingga sepuluh menit. Lakukan hal ini seminggu sekali, bukan setiap hari. Jika rutin dilakukan maka kuku Anda tampak putih dan mengkilap.

5. Garam
Garam yang dicampur dengan lemon juga sangat efektif untuk memutihkan kuku. Kandungan garam akan membersihkan kotoran, dan lemon membuatnya lebih cerah.

6. Pasta gigi dengan pemutih (whitening)
Caranya dengan menggosokkan pasta gigi yang mengandung whitening pada kuku, gosok secara lembut dengan sikat gigi, dan lakukan secara rutin setiap kali mandi. Kuku akan menjadi lebih putih dan mengkilat.

**

Setelah melakukan perawatan kuku secara alami, sebaiknya Anda menghentikan penggunaan cat kuku karena kandungan kimianya membuat kuku menjadi kusam dan tidak sehat.  Terlebih jika Anda sering berganti-ganti cat warna, aseton atau penghapus cat kuku memiliki sifat keras yang merusak kelembaban kuku.

Selamat mencoba, semoga kuku Anda menjadi lebih bersih, cantik dan menarik.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *