Khasiat Masker Pepaya untuk Perawatan Rambut, Wajah dan Kaki

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pepaya mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada pepaya secara umum meliputi enzim papain, vitamin A, vitamin C dan beta karoten serta serat dan zat besi.

Vitamin C dan beta karoten pada pepaya memiliki peran penting sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menghilangkan zat-zat beracun di dalam tubuh dan berkhasiat langsung terhadap kesehatan kulit seperti mencegah peradangan dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Oleh sebab itu, selain dimakan, buah pepaya juga bisa diolah menjadi sabun pepaya dan masker pepaya.

Khasiat Masker Pepaya

Kandungan garam pada pepaya sangat sedikit, sehingga retensi airnya juga sedikit. Sehingga, jika dibuat ekstraknya dan diaplikasikan pada kulit, maka pori-pori akan lebih bersih, kulit juga tercukupi kebutuhan airnya.

Sebagai masker, pepaya mampu membersihkan pori dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Bahkan, pepaya dianggap buah yang sangat lembut dalam mengelupaskan lapisan kulit dengan teknik yang alami.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Pepaya

1. Penggunaan masker pepaya pada rambut

Pepaya mengandung vitamin dan mineral yang mampu membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak dan bahan kimia. Usapkan pepaya yang sudah dihaluskan pada rambut dan kulit kepala, cuci hingga bersih, maka kulit kepala menjadi tidak kering dan bebas ketombe. Akar rambut juga akan ternutrisi sehingga rambut menjadi lebih lebat.

2. Penggunaan masker pepaya pada wajah

  • Untuk memutihkan wajah

Pepaya mengandung alpha hydroxy acid yang dapat membantu mencerahkan kulit. Aplikasikan masker pepaya selama 5 menit di area wajah, kemudian bilas dengan air dingin. Pastikan Anda membilas pepaya sampai bersih dari kulit karena apabila diaplikasikan terlalu lama akan menyebabkan kulit terlalu kering dan bahkan iritasi pada kulit sensitif.

  • Sebagai anti penuaan dini 

Kandungan alpha hydroxy acid pada pepaya juga berfungsi sebagai anti aging. Hancurkan pepaya sampai halus dan campur dengan susu bubuk. Aplikasikan pada kulit wajah Anda dan biarkan mengering maksimal 5 menit. Bilas dengan air dingin, maka kerutan di wajah akan menghilang secara bertahap.

  • Untuk menghilangkan bekas jerawat

Campur pepaya dengan tepung beras, aplikasikan pada wajah, biarkan selama 5 menit dan bilas sampai bersih dengan air dingin. Cara ini membantu menghilangkan bekas hitam di wajah baik yang disebabkan oleh jerawat maupun sinar matahari.

  • Sebagai exfoliator alami

Tumbuk pepaya dan campurkan dengan madu. Aplikasikan pada seluruh wajah untuk melembabkan dan melepaskan sel-sel kulit mati dengan cara yang alami.

  • Untuk mengencangkan kulit

Antioksidan pada pepaya dapat menjaga sel dari serangan radikal bebas sehingga mampu mempertahankan kekenyalan kulit. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu dan tepung beras, aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

  • Merawat kulit terbakar

Kandungan air dan vitamin C memberikan efek dingin, menghentikan kerusakan kulit dan mengembalikan kulit pada kondisi semula.

3. Penggunaan masker pepaya pada kaki

Gosokkan pepaya yang sudah ditumbuk di bagian kaki yang retak dan kasar. Diamkan sejenak, kemudian bilas. Cara ini dapat mengatasi kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah, terutama pada lutut dan tumit. Lakukan setiap hari untuk membuat kulit kaki Anda jadi halus dan lembut.

***

Itulah beberapa khasiat masker pepaya untuk rambut, wajah dan kaki. Jadi, jangan anggap remeh pepaya ya, walaupun murah, khasiatnya segudang.

Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *