Penyebab Rambut Berminyak Dan Cara Mengatasinya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagian pria ataupun wanita adalah rambut berminyak. Pada kondisi normal, minyak pada kulit dan rambut kepala ini normal dan dialami oleh sebagian besar orang. Hal ini disebabkan karena kelenjer minyak atau yang disebut juga dengan kelenjer sebum yang terletak dibawah jaringan kulit sengaja memproduksi minyak agar kulit kepala tidak kering.

Selain itu, kelenjer sebum ini juga bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan beberapa bakteria dikulit kepala dan membantu perlindungan pada kulit kepala. Hanya saja, jika kelenjer sebum tersebut memproduksi minyak terlalu berlebihan maka inilah yang disebut dengan masalah rambut berminyak, dimana rambut menjadi lengket dan lepek.

Selain menganggu penampilan, rambut berminyak juga menimbulkan rasa gatal, bau, rontok hingga ketombe pada rambut. Karena itulah, rambut berminyak benar-benar membuat kita merasa risih, tidak nyaman dan menghilangkan rasa percaya diri apalagi saat tampil di depan publik.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengenal beberapa penyebab rambut berminyak untuk melakukan upaya pencegahan:

Jarang Membersihkan Rambut

Setiap hari rambut terkena debu, asap dan kotoran karena beraktifitas diluar rumah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, maka akan beresiko besar munculnya minyak berlebih pada rambut. Tidak hanya sebatas itu, jarang membersihkan rambut juga mengundang masalah lain seperti ketombe, gatal, dan rambut rontok.

Untuk itu, bersihkanlah rambut Anda secara rutin. Gunakan produk perawatan rambut berkualitas agar rambut Anda tetap bersih, segar dan harum. Hanya saja, ada baiknya Anda pintar-pintar dalam mencari produk perawatan rambut bagus, karena kalau produk perawatan rambut yang Anda pakai tidak bagus, justru akan membuat rambut semakin berminyak dan rusak.

Banyak Mengomsumsi Makanan Berlemak

Pola makan yang salah seperti banyak mengkomsumsi makanan berlemak ternyata juga bisa menyebabkan rambut berminyak. Pasalnya, kelenjer minyak akan semakin banyak memproduksi minyak jika Anda ikut mengkomsumsi minyak dan lemak terlalu banyak. Minyak tersebut dikeluarkan melalui pori-pori kulit kepala.

Tidak hanya pada kulit kepala, minyak ini bisa dikeluarkan pada seluruh lapisan kulit tubuh. Selain rambut, bagian yang paling jelas terlihat kelebihan minyak ini adalah wajah. Dengan kata lain, banyak mengkomsumsi makanan berlemak tidak hanya menyebabkan rambut berminyak, tapi juga minyak pada wajah.

Untuk mencegahnya, kurangi komsumsi makanan berlemak dan perbanyak makan buah. Anda bisa memanfaatkan apel, nanas, lemon, dan pisang karena dipercaya sangat baik dalam merawat rambut agar tetap segar dan tidak berminyak.

Mengalami Stres Berlebihan

Ternyata, selain menganggu kesehatan tubuh, stres yang berlebihan juga menyebabkan masalah pada rambut yaitu rambut berminyak. Hal ini disebabkan karena stres menyebabkan hormon dalam tubuh tidak stabil dan tidak seimbang, sehingga kondisi inilah yang menyebabkan rambut cepat berminyak.

Salah satu hormon yang terganggu saat stres yaitu hormon kortisol. Saat stress, tubuh mengeluarkan lebih banyak hormon kortisol yang mempengaruhi produksi minyak pada kulit.

**

Selain beberapa penyebab yang disebutkan di atas, ada satu poin lagi yang juga bisa menyebabkan rambut berminyak seperti misalnya terlalu sering menggaruk kepala apalagi tangan Anda saat itu dalam keadaan kotor. Dengan mengetahui penyebab rambut berminyak tersebut, maka Anda bisa menentukan cara mencegah terjadinya rambut berminyak yaitu dengan menjauhi faktor penyebabnya.

Semoga tips ini bisa menambah rasa percaya diri Anda karena memiliki rambut yang segar, lembut dan jauh dari yang namanya minyak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *