5 Penyebab Yang Bikin Bibir Indah Menjadi Hitam

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki bibir yang indah adalah idaman setiap wanita bahkan pria. Bibir dikatakan indah jika ia lembab, merah alami, lembut tidak tidak kering. Hanya saja, untuk mendapatkan bibir yang indah dan cantik bukanlah perkara yang mudah. Masalah seperti bibir kering, pecah-pecah, atau bahkan menghitam merupakan masalah yang menyerang sebagian besar bibir wanita atau pria.

Nah, diantara beberapa masalah tersebut, bibir menghitam menjadi masalah yang paling umum dikeluhkan karena membuat bibir terlihat tidak indah dan cantik. Dan, biasanya masalah bibir hitam juga dibarengi dan identik dengan kemunculan masalah bibir lainnya seperti pecah-pecah dan kering.

Agar bibir menjadi lembut, kemerahan dan indah, beb­­­­erapa penyebab bibir menjadi hitam berikut perlu Anda hindari.

Terlalu banyak Merokok

Merokok menjadi penyebab penting dalam membuat bibir hitam. Pasalnya, zat nikotin-alkaloid dalam rokok dapat meningkatkan pigmen melanin di kulit bibir. Selain itu, zat tersebut juga menyebabkan pengerasan pembuluh darah, akibatnya aliran oksigen kewajah menurun yang menyebabkan wajah pucat dan kering.

Kondisi ini juga berdampak pada bibir yaitu membuatnya menjadi hitam dan gelap. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka kulit bibir yang aslinya merah alami menjadi benar-benar hitam. Aturan mainnya, semakin sering Anda merokok, maka semakin besar pula resiko bibir Anda menghitam. Bahkan tidak hanya sebatas itu, gigi Andapun juga beresiko berubah warna menjadi kuning.

Pemakaian Lipstik yang Tidak Tepat

Pemakaian lipstik yang tidak tepat juga bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Jika Anda tidak jeli dalam memilih produk lipstik, maka bisa saja produk tersebut mengandung zat kimia seperti merkuri, timbal ataupun zat kimia lainnya yang bisa menganggu kesehatan bibir dalam jangka panjang atau pendek.

Nah, zat-zat kimia tersebutlah yang membuat bibir menjadi menghitam. Ditambah lagi jika Anda tidak membersihkannya secara sempurna, maka sisa-sisa lipstik yang tertinggal dibibir itulah yang membuat peluang besar atas hitamnya bibir Anda. Sama halnya dengan merokok, jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka warna asli bibir akan berubah menjadi hitam.

Kurang Mengomsumsi Air

Dehidrasi pada tubuh akan berimbas pada seluruh organ tubuh, termasuk juga bibir. Hal pertama yang dirasakan jika tubuh kekurangan cairan adalah bibir kering dan pecah-pecah. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka lambat laun bibir juga menjadi hitam karena kekurangan cairan dan mineral dalam tubuh. Setidaknya, Anda mengkomsumsi 8 gelas air putih dalam sehari untuk menunjang keindahan bibir Anda.

Kebiasaan Minum Kopi

Sebagian besar penikmat kopi mendapati bibir mereka menghitam. Kondisi ini disebabkan karena kandungan kafein pada kopi ataupun produk berkafein lainnya. Tidak hanya itu saja, selain menyebabkan bibir menghitam, kafein dalam kopi juga menyebabkan gigi menguning. Oleh karena itu, jika Anda seorang penikmat kopi sementara tidak ingin memiliki bibir hitam, ada baiknya Anda mengurangi komsumsi kafein tersebut.

**

Demikianlah beberapa penyebab bibir menghitam yang bisa Anda hindari agar bibir Anda menjadi merah alami dan indah. Andapun akan lebih percaya diri, tidak merasa risih dan tidak nyaman saat berbicara berdekatan dengan teman atau presentasi didepan depan.

Bagaimana? Siap untuk meraih bibir yang indah?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *