Cara Merawat Kulit Wajah dengan Masker Pisang

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Perawatan wajah bagi kaum wanita sangatlah penting. Jika sering dirias, wajah juga harus rajin dirawat agar senantiasa bersih, halus dan menarik. Perawatan wajah tidak hanya dengan menggunakan pembersih, kadang diperlukan pemakaian masker agar kulit wajah ternutrisi dengan baik.

Teknologi industri banyak membuat masker yang merupakan campuran bahan-bahan kimia. Akibatnya justru bisa merusak kulit wajah, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Sebagai solusi, alangkah lebih baik menggunakan masker alami, yang biasanya terbuat dari buah-buahan dan beberapa jenis sayuran.

Salah satu buah yang sering digunakan sebagai masker alami adalah pisang. Pisang memiliki beberapa kandungan gizi yang amat baik seperti potassium, vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor dan kalsium. Dari beberapa kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah.

Manfaat Masker Pisang

Beberapa manfaat masker pisang untuk wajah bisa kita simak berikut ini:

– Untuk mencerahkan wajah

Menggunakan masker pisang dengan teratur akan mencerahkan wajah secara alami. Nutrisi pada pisang membantu membersihkan kotoran yang menempel pada wajah sehingga wajah tampak lebih cerah.

– Untuk menghilangkan jerawat

Hancurkan daging buah pisang secukupnya yang telah matang atau berwarna kuning. Oleskan pisang yang sudah halus tersebut ke setiap bagian kulit wajah. Diamkan selama beberapa saat dan bersihkan. Ulangi cara ini selama beberapa hari hingga jerawat menghilang.

– Untuk menghaluskan wajah

Lumatkan pisang sehingga menjadi halus dan tambahkan 1 sendok madu kemudian aduk merata. Aplikasikan pada wajah, lakukan dengan rutin dalam beberapa minggu hingga kulit lebih terasa halus dan lembut.

– Untuk mengangkat sel kulit mati

Kulit yang kotor dan berminyak biasanya disebabkan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Buah pisang dapat dengan mudah menghilangkan sel kulit mati tersebut. Haluskan pisang dan oleskan pada wajah, diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Penggunaan Masker pada Beragam Jenis Kulit

Kulit wajah bermacam jenisnya, ada yang kering, berminyak dan normal. Supaya penggunaan masker pisang menampakkan hasil yang baik, perlu diperhatikan jenis kulit wajah Anda.

Untuk Kulit Kering

Campur buah pisang, kuning telur dan 1 sendok yoghurt. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 – 20 menit. Cuci wajah menggunakan air hangat. Agar bertahan lama, lakukan selama 2-3 kali seminggu, minimal selama satu bulan.

Untuk Kulit Berminyak

Haluskan pisang dengan cara ditumbuk, tambahkan 1 sendok teh perasan jeruk lemon. Campur hingga merata. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air hangat. Gunakan setiap hari, selama 30-40 hari.

Untuk Kulit Normal

Haluskan pisang, kemudian campurkan dengan 1 sendok makan yoghurt. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Anda bisa mengganti yoghurt dengan madu sebagai campuran untuk membuat masker ini.

***

Menggunakan masker pisang secara rutin setiap hari atau setiap dua hari sekali selama satu bulan, maka wajah akan terjaga kelembabannya, menjadi semakin lembut dan sehat. Apalagi jika Anda rajin merias wajah, jangan malas untuk merawat kulit wajah Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *