7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Siapa yang tidak tahu buah alpukat? Buah yang sering dinikmati dalam bentuk jus ini dipercaya sebagai buah yang banyak mengandung lemak sehingga mampu meningkatkan berat badan, khususnya bagi ibu hamil.

Ibu hamil membutuhkan nutrisi demi kesehatan dirinya dan perkembangan janin dalam kandungan. Nah, buah alpukat mengandung nutrisi yang dibutuhkan tersebut berupa kandungan asam folat, lemak baik, kalium dan beragam zat penting lainnya.

Kandungan dan Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Mengapa alpukat baik untuk ibu hamil? Berikut beberapa kandungan nutrisi di dalam buah alpukat yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Asam Folat

Alpukat mengandung asam folat yang cukup tinggi. Mengkonsumsi 1 buah alpukat berukuran sedang memberikan 114 mg  (30 %) dari kebutuhan harian tubuh akan asam folat. Selain menguatkan saraf, membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin, kandungan asam folat dalam buah alpukat juga menurunkan resiko bayi terlahir cacat. Pada awal kehamilan asam folat sangat dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu kandungan vitamin B kompleks (B6) di dalam alpukat digunakan dalam mengatasi mual dan muntah selama kehamilan periode pertama.

Asam folat atau vitamin B9 merupakan bagian dari vitamin B kompleks yakni jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Karena sifatnya yang mampu larut dalam air ini membuat vitamin ini tidak bisa tersimpan lama di dalam tubuh. Karena tidak dapat tersimpan lama di dalam tubuh maka dari itu pada masa kehamilan, ibu hamil perlu banyak asupan asam folat setiap harinya untuk membantu tubuh dalam memproduksi serta menjaga kesempurnaan DNA dan RNA sebagai bahan genetik tubuh.

Kalium

Buah alpukat juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Setengah buah alpukat ukuran sedang memberikan sekitar 540 mg kalium bagi tubuh atau 15 % lebih tinggi dibandingkan buah pisang. Maka bisa dikatakan bahwa manfaat alpukat untuk ibu hamil jauh lebih baik jika dibandingkan buah tersebut.

Fungsi kalium adalah untuk menurunkan tekanan darah dan menstabilkan debar jantung yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Selain itu, kalium juga membantu pembentukan sistem saraf pada janin dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Lemak

Alpukat termasuk buah dengan kandungan lemak yang tinggi. Namun lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau biasa disebut dengan omega-9. Dalam tubuh, omega-9 berfungsi untuk menurunkan kelebihan kolesterol jahat (LDL) secara aktif.

Serat

Bersamaan dengan kandungan seratnya yang tinggi, kolesterol jahat akan diserap dan dibuang bersama kotoran. Untuk diketahui, 1 buah alpukat ukuran sedang mengandung 10 gr serat (40 %) dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Jadi konsumsi buah alpukat juga dapat mengatasi masalah BAB yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Vitamin A, Vitamin E, dan Klorofil

Kombinasi ketiga senyawa ini sangat baik untuk menjaga kekenyalan kulit, dan bisa mengurangi munculnya stretch mark pada perut ibu hamil.

Zat Besi dan Tembaga

Kandungan zat besi dan tembaga pada buah alpukat juga akan membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Ini akan menjaga kondisi ibu hamil untuk tetap fit sepanjang hari.

Magnesium dan Kalsium

Kandungan magnesium dan kalsium pada buah alpukat akan membuat tulang ibu hamil tetap kuat.

**

Alpukat bisa disajikan dalam bentuk jus yang dicampur dengan susu kental manis, atau diserut biasa dan dicampur gula pasir. Bisa juga dijadikan es buah atau sup buah bersama buah-buahan lain yang juga sarat nutrisi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *