5 Tanaman Ampuh Untuk Mengusir Nyamuk

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Nyamuk merupakan salah satu hewan yang bisa membawa sejumlah penyakit pada manusia, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat. Salah satu penyakit berbahaya yang telah dialami banyak orang karena nyamuk yaitu penyakit malaria. Selain itu, nyamuk juga membantu menyebarkan penyakit demam kuning, virus west nile, rift valley, demam berdarah dan beberapa jenis penyakit lain.

Bagi Anda yang dirumahnya terdapat banyak nyamuk perlu waspada, karena bisa saja nyamuk tersebut membawa wabah penyakit bagi keluarga Anda. Semakin banyak nyamuk bertebangan dirumah Anda, maka Anda semakin beresiko terkena demam berdarah, malaria atau jenis penyakit lainnya.

Untuk itu, sebaiknya Anda menanam beberapa tanaman pengusir nyamuk berikut.

Zodia

Zodia merupakan salah satu tanaman yang terkenal karena keampuhannya dalam mengusir nyamuk. Tanaman ini berasal dari daerah Papua, dimana masyarakat sana biasa menggunakan zodia sebagai obat anti nyamuk alami dengan menggosokkannya ketubuh sebelum masuk  hutan. Zodia berkhasiat mengusir nyamuk lantaran kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang menjadi zat ampuh dalam mengusir nyamuk.

Beberapa kurun belakangan, zodia semakin dikenal luas karena ia tidak hanya bisa mengusir nyamuk, tapi juga mulai dijadikan sebagai ajang binis karena bentuk dan warnanya yang unik. Kenyataannya, para pecinta tanaman hias mengincar tanaman ini untuk koleksi tanaman hias mereka.

Lavender

Selain zodia, tanaman pengusir nyamuk lainnya yaitu lavender. Tanaman yang sering dipanggil juga dengan sebutan lavandula ini bisa mengusir nyamuk lantaran kandungan zat linalool dan lynalyl acetate yang menimbulkan aroma tidak disukai nyamuk. Sehingga tidak heran jika tanaman yang banyak ditemui di pegunungan Alpen ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai industri sebagai bahan utama pembuatan obat nyamuk.

Geranium

Geranium bisa mengusir nyamuk karena mengandung geraniol dan sitronelol yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini cukup mudah ditemui, apalagi Anda yang tinggal didaerah pedesaan.

Cukup dengan menanamnya di pekarangan ataupun di pot dalam rumah, aromanya akan membuat nyamuk minggat dari rumah Anda. Bunga-bunganya yang cantik dan berwarna warni juga menjadi pemandangan yang luar biasa indahnya.

Serai

Salah satu tanaman bernama binomial cymbopogon citratus yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur ini ternyata juga berkhasiat dalam mengusir nyamuk. Hal ini disebabkan karena kandungan geraniol dan sitronelal yang ampuh dalam mengusir nyamuk. Jika Anda menanam tanaman ini dirumah, maka Anda tidak hanya mendapat keuntungan tidak digigit nyamuk, tetapi Anda juga tidak perlu lagi membeli serai untuk bumbu masak.

Cengkeh

Biasanya, cengkeh atau yang bernama lain Eugenia aromatica ini dijadikan sebagai bumbu masak karena rasa dan aroma khasnya. Namun, ternyata ia memiliki manfaat lain disamping bumbu masak yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk karena aromanya yang khas dan tidak disukai nyamuk. Anda bisa menjadikan cengkeh menjadi salah satu tanaman wajib di pekarangan ataupun dikebun.

***

Nah, itulah beberapa tumbuhan pengusir nyamuk. Anda bisa menaruh salah satu dari 5 tumbuhan tersebut dipekarangan rumah ataupun ditaruh dalam pot di sudut rumah.  Karena, selain mampu mengusir nyamuk, beberapa diantara tanaman ini sangat menarik untuk dijadikan tanaman hias.

Selain itu, dengan memanfaatkan tanaman ini, maka Anda tentu tidak perlu memakai obat nyamuk yang terkadang bisa membuat sesak dan memiliki efek samping bagi kesehatan. Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *