Manfaat Dark Chocolate Untuk Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Coklat merupakan salah satu makanan yang paling digemari oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa. Apalagi saat valentine, natal atau tahun baru, coklat menjadi produk yang paling laris. Salah satu jenis coklat yang terkenal adalah dark chocolate.

Sesuai namanya, jenis coklat ini berwarna hitam dan jenis ini termasuk jenis yang paling baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh selain white chocolate atau milk chocolate. Salah satu alasannya adalah dark chocolate mengandung susu dan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis coklat lain.

Selain itu, dark chocolate juga mengandung flavanol antioxidant yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa khasiat yang bisa ia hadirkan bagi kecantikan yaitu mengatasi masalah pada kulit dan rambut. Agar lebih jelasnya, simak beberapa manfaat dark chocolate untuk kecantikan.

Kecantikan Kulit

Manfaat dark chocolate untuk kulit telah dikenal sejak lama. Beberapa masalah kulit seperti kulit kering, keriput atau garis-garis halus, ataupun kusam bisa diminimalisir. Flavonoid dalam dark chocolate ini juga mampu melawan efek buruk sinar UV pada kulit.

Keriput dan garis halus pada kulit bisa dihambat oleh dark chocolate karena coklat ini mampu mengurangi kolagen yang rusak. Selain mengkomsumsi, cara paling baik untuk memanfaatkannya adalah dengan menjadikannya masker wajah.

Keindahan Rambut

Selain berguna untuk kecantikan kulit, coklat hitam ini juga baik bagi kecantikan dan kesehatan rambut. Coklat ini membuat rambut lebih berkilau dan ikut membantu kesehatan kulit kepala karena mengandung zat besi, seng dan sejumlah mineral yang menyeimbangkan aliran oksigen dan darah ke kulit kepala.

Penggunaan secara langsung pada rambut dilakukan dengan membuat masker rambut dengan cara mencampurkan coklat yang telah dilelehkan dengan madu dan yoghurt kemudian oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut.

Awet Muda

Dark chocolate mampu mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Hal ini karena dark chocolate mengandung phenethylamine yang mampu menghasilkan hormon endorfin (hormon bahagia) dalam tubuh. Selain itu, coklat ini juga mengandung anandamide yang membuat tubuh dan pikiran menjadi santai.

Stres dan rasa tertekan yang Anda rasakan bisa dikurangi dengan mengkomsumsi coklat ini. Karena memicu rasa bahagia dan menyehatkan kulit, maka secara otomatis dalam jangka panjang dark chocolate juga membuat Anda awet muda.

**

Nah, itulah beberapa manfaat dark chocolate untuk kecantikan. Selain untuk kecantikan, dark chocolate juga mengecilkan resiko penyakit jantung, mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi kognitif otak, dan mencegah kanker.

Hanya saja, dark chocolate mengandung lemak dan kalori tinggi, untuk itu sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengkomsumsinya. Selain itu, barengi juga dengan rajin berolahraga dan komsumsi sayur atau buah agar program diet yang Anda jalankan tetap terjaga.

Perhatikan juga coklat yang Anda beli. Karena banyak juga penjual yang menjual coklat dengan harga murah tapi kualitasnya kurang baik. Jika Anda salah dalam memilih coklat, maka Anda bisa mengalami kegemukan karena coklat yang tidak berkualitas lebih banyak mengandung lemak dan gula.

Bagaimana? Apa Anda tertarik mempercantik diri dengan si coklat hitam ini?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *