Cara Alami Memutihkan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit wajah yang bersih, halus, putih dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Cara apapun dilakukan agar wajah tampak lebih cerah dan enak dipandang. Ada yang menggunakan masker, whitening cream, whitening soap, dari bahan alami maupun buatan pabrik, demi memutihkan kulit wajahnya.

Jika Anda perhatikan, sebenarnya produk-produk pemutih yang merupakan campuran bahan-bahan kimia tertentu sangat berbahaya bagi kesehatan kulit, terutama yang menjanjikan dapat memutihkan kulit secara instant alias cepat. Anda perlu ingat, kulit yang terkontaminasi bahan kimia bisa saja mengalami penyakit seperti kanker kulit atau sejenisnya, apalagi jika Anda mempunyai alergi.

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah Anda, karena di samping aman dan tidak ada efek samping, hasilnya akan lebih awet atau bertahan lama.

Cara Alami Memutihkan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Kenali jenis kulit Anda dengan baik. dan lakukan hal-hal berikut untuk memutihkan wajah secara alami:

1. Memutihkan Wajah untuk Kulit Normal

Kulit normal memiliki tingkat kekeringan dan kelembaban yang standar. sehingga jarang mengalami masalah. Proses memutihkan pada kulit normal cenderung lebih mudah dilakukan. Untuk kulit normal bisa menggunakan masker mentimun, kentang dan lain-lain.

– Menggunakan masker mentimun. Parut dan peras mentimun hingga bisa diambil sarinya saja. Campurkan dengan susu dan masukkan ke dalam botol. Kocok dan diamkan selama 3 sampai 4 jam. Saring ramuan tersebut lalu simpan dalam lemari es supaya tetap segar. Aplikasikan masker mentimun pada wajah, biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Cuci dengan facial foam kemudian bilas dengan air dingin.

– Menggunakan masker kentang. Haluskan kentang menggunakan blender sampai benar-benar halus. Campurkan dengan sedikit madu murni. Oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan sampai kering.

2. Memutihkan Wajah untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak kelihatan mengkilap. Kulit berminyak sulit memakai make up karena akan lebih mudah pudar, banyak kotoran yang menempel dan menyumbat pori sehingga mudah sekali timbul jerawat. Namun demikian, kulit berminyak cenderung lebih awet muda karena kelembabannya terjaga. Untuk kulit berminyak sangat dianjurkan membuat masker dari jeruk nipis, nanas, putih telur, kuning telur, dan madu.

– Menggunakan masker jeruk nipis. Peras jeruk nipis lalu campurkan air perasan tersebut dengan putih telur. Oleskan secara merata ke wajah Anda. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu cuci bersih wajah Anda menggunakan air hangat.

3. Memutihkan Wajah untuk Kulit Kering

Kulit kering dianjurkan selalu memakai pelembab agar kulit terjaga kehalusan dan kelembabannya, lebih terawat dan terhindar dari keriput. Untung kulit yang kering Anda bisa menggunakan masker dari alpukat, bengkoang, pisang dan buah – buahan lainnya, serta masker yang mengandung tepung.

– Menggunakan masker alpukat. Lumatkan satu buah alpukat. Beri tambahan 1-2 sdm madu. Cuci muka, aplikasikan masker secara merata pada wajah, termasuk leher. Diamkan sekitar 20 menit hingga masker mengering. Bersihkan wajah Anda dari alpukat. Bilas wajah hingga bersih.

– Menggunakan masker bengkoang. Parut bengkoang, peras dan ambil sarinya. Letakkan air perasan bengkoang ke wadah bening, lalu diamkan selama 30 menit atau sampai terlihat endapan putih sari bengkoangnya pada wadah tersebut. Gunakan endapan tersebut sebagai masker sampai mengering, setelah itu cuci sampai bersih wajah Anda.

**

Selain bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan susu dan yoghurt atau air beras sebagai masker untuk memutihkan wajah, dan bisa digunakan pada jenis kulit apapun. Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum menggunakan masker apapun, agar hasilnya terlihat maksimal.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *