Tips Mengatasi Penuaan Dini Dengan Makanan Penawar Stres

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Stres akrab dengan gaya hidup masyarakat perkotaan. Tuntutan pekerjaan, urusan pribadi dan keluarga serta polusi di perjalanan memperbesar potensi anda mengalami stres. Padahal stres yang tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan anda mengalami penuaan dini.

Ada beragam cara yang bisa diterapkan untuk meminimalisir stres, salah satunya adalah melalui makanan.  Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi stress yang melanda.

Oatmeal

Anda akan merasakan kenyamanan saat makan makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti semangkuk oatmeal hangat yang dapat meningkatkan kadar serotonin, sehingga hormon bisa menjadi lebih baik yang akan membantu Anda rileks. Gandum kasar adalah yang paling baik karena lebih tinggi serat dan mudah diproses akan tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Keuntungan dari mengkonsumsinya adalah untuk mengatur suasana hati dan untuk menambahkan daya tahan tubuh. Selain itu menambahkan beberapa makanan berprotein seperti kacang cincang, biji chia, atau satu sendok makan mentega kacang adalah ide yang bagus.

Bluberi

Makan blueberry adalah cara sederhana dan lezat untuk tetap tenang dan sehat selama liburan. Buah ini merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, antioksidan yang membantu menghilangkan stres. Studi menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi kadar hormon stres sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian kepada orang dengan tekanan darah tinggi, ketika peserta mengkonsumsi vitamin C sebelum bertugas, maka stres tekanan darah dan kadar kortisol (hormon stres) kembali normal lebih cepat. Satu blueberry memiliki 85 kalori dan hampir 25 persen memenuhi kebutuhan harian vitamin C. Plus, buah ini mudah untuk dimakan. Anda hanya tinggal mencuci dan menambahkannya ke makanan favorit Anda, seperti oatmeal, yoghurt, sereal tinggi serat, atau salad.

Biji-Bijian

Seluruh biji-bijian seperti quinoa, beras merah, oatmeal, dan gandum pasta dan roti, memiliki beberapa manfaat untuk membantu mengurangi stres. Karbohidrat dalam biji-bijian bersama dengan serat menyediakan pasokan serotonin, zat kimia merasa-baik yang dapat membantu Anda merasa tenang.

Gandum juga kaya magnesium, dan defisiensi magnesium yang dapat mengatasi kecemasan. Biji-bijian yang diperkaya dengan asam folat, dan rendahnya tingkat asam folat juga erat kaitannya dengan mengobati depresi.

Buah Jeruk

Buah jeruk adalah salah satu cara ampuh untuk meredakan stres. Buah ini juga merupakan sumber yang baik karena mengandung glutathione. Glutathione melindungi tubuh dari radikal bebas dengan memperkuat sistem imun dan meningkatkan perlindungan antioksidan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa 1000 mg suplemen oral harian glutathione dapat meningkatkan glutathione dalam darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika Anda stres, sistem kekebalan tubuh Anda terganggu, yang dapat menyebabkan lebih banyak stres. Glutathione ditemukan dalam buah-buahan segar, sayuran dan beberapa daging, tetapi untuk mendapatkan manfaat makanan tersebut, anda harus memakannya dalam bentuk “mentah”.

Lemak Ikan

Lemak ikan kaya omega-3 asam lemak, yang telah terbukti membantu mencegah lonjakan hormon stres dan melindungi terhadap penyakit jantung dan depresi. Bahkan, American Psychiatric Association telah mendukung asam lemak pada ikan sebagai bagian efektif dari pengobatan depresi. Ikan salmon, udang, pollock, ikan tuna (kalengan), nila, lele, dan cod, yang rendah merkuri dan kaya akan asam lemak omega-3.

Biji Labu

Biji labu kaya akan magnesium. Kekurangan magnesium dapat memicu sakit kepala dan kelelahan, memperburuk efek dari stres. Mineral ini juga membantu mengatur hormon stres kortisol, untuk mempromosikan perasaan bahagia.

Satu porsi satu-ons (sekitar segenggam) dari biji labu menyediakan 19 persen dari kebutuhan harian Anda untuk mineral. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian yang tinggi magnesium lainnya antara lain adaah almond, biji bunga matahari, pistachio, kacang mete, biji rami, kacang pinus dan pecan.

Teh herbal

Saat Anda merasa stres, sebaiknya anda mengkonsumsi teh herbal. Teh herbal yang alami bebas kafein dan banyak dari mereka mengandung berbagai komponen menenangkan. Chamomile, mint, teh barley, passionflower, dan akar valerian semua teh herbal terbukti memiliki efek menenangkan.

Namun, karena beberapa teh ini bisa sangat kuat, seperti akar valerian, pastikan anda berbicara dengan dokter Anda untuk konsultasi apakah teh tersebut baik untuk dikonsumsi atau tidak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *