Tips dan Bahan Alami untuk Memperkecil Pori-pori Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Setiap wanita mendambakan wajah yang halus mulus tanpa jerawat. Jerawat terjadi karena adanya penumpukan kotoran dan minyak berlebih pada pori-pori wajah. Pori-pori besar pada wajah bisa disebabkan oleh faktor genetika, produksi minyak berlebih, kotoran, pertumbuhan bakteri pada kulit, sinar matahari, serta kurang pandai menjaga kebersihan kulit.

Kulit wajah dengan pori-pori besar biasanya sangat sensitif dengan pemakaian kosmetik, sehingga harus berhati-hati dalam memilih, menggunakan dan membersihkan sisa kosmetik hingga dalam melakukan perawatan rutin kulit wajah.

Tips Memperkecil Pori-pori Wajah

Sebenarnya pori-pori besar pada kulit wajah bisa dikecilkan dengan beberapa perilaku, untuk mengurangi resiko seringnya terjadi penumpukan kotoran dan minyak yang menimbulkan jerawat. Beberapa tips memperkecil pori-pori wajah yaitu:

1. Membersihkan wajah dari kotoran dan minyak

Rajin-rajinlah membersihkan wajah. Di sela-sela kesibukan Anda bisa menggunakan kertas atau tisu khusus untuk menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Setelah beraktivitas sepanjang hari, bersihkan kulit wajah dari debu, polusi dan sisa-sisa kosmetik dengan menggunakan sabun atau lotion dan cairan pembersih wajah.

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Gunakan pelindung wajah seperti topi, payung, krim pelembab atau sun cream saat berada di luar rumah, terutama bila cuaca sangat panas.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi yaitu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih sehat. Caranya bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti:

– Es batu. Bungkus es batu dengan kain bersih atau kapas, gosokkan secara lembut dan perlahan ke seluruh bagian wajah. Cara ini bisa membantu mengencangkan pori-pori wajah secara alami. Lakukan setiap pagi hari.

– Scrub. Anda bisa membuat scrub sendiri dengan mencampurkan garam dan minyak zaitun. Lakukan minimal seminggu sekali.

– Putih Telur. Putih telur mampu menyerap dan mengurangi kelenjar minyak berlebih di wajah dan mengencangkan kulit. Pilih telur ayam kampung, pisahkan kuning telur dari putihnya, ambil putihnya saja. Campurkan putih telur dengan 1 sdt madu murni. Aduk hingga rata dan menjadi krim. Oleskan dengan minyak zaitun ke wajah hingga merata. Tunggu sampai mengering. Bilas wajah dengan air dingin.

– Buah Tomat. Tomat mengandung potassium serta vitamin C yang baik untuk kecantikan kulit. Pilih 2 tomat organik segar, potong dan tambahkan air secukupnya. Haluskan dengan blender. Angkat dan oleskan ke wajah secara tipis dan merata. Diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air bersih. Tepuk wajah dengan handuk halus sampai kering.

– Jeruk Nipis. Potong jeruk nipis bundar tipis. Tempelkan ke wajah sampai penuh. Tunggu dan biarkan menempel selama 15-20 menit. Basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk halus.

– Campuran Madu, Gula dan Minyak Zaitun. Campurkan minyak zaitun, gula pasir, dan madu murni masing-masing 1 sendok teh. Aduk sampai rata dan menjadi krim. Oleskan ke wajah secara tipis dan merata. Tekan wajah dan pijit halus dengan arah memutar. Diamkan sekitar 10 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

– Campuran Buah Mentimun dan Apel. Blender 1 buah mentimun dan apel segar hingga halus. Oleskan ke wajah secara tipis dan merata. Tunggu selama 15 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

– Oatmeal. Campurkan 2 sdm oat meal, 5 sdm madu dan 2 sdm susu murni bubuk hingga merata. Oleskan pada kulit wajah. Pijat ringan sambil memutar. Diamkan 7-15 menit. Bilas dengan air hangat.

– Pisang. Haluskan pisang dengan blender. Campurkan dengan 1 sdm susu bubuk hingga rata. Oleskan pada kulit wajah. Diamkan 10 -20 menit. Bilas dengan air hangat.

**

Untuk hasil yang maksimal, lakukan tips di atas dengan rutin agar perlahan pori-pori wajah Anda bisa mengecil dan permukaan kulit wajah pun menjadi lebih halus.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *