4 Zat dalam Rokok yang Membahayakan Kesehatan & Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebagian besar orang sudah tau bagaimana bahaya rokok bagi kesehatannya. Hanya saja, tidak semua orang tau apa sebenarnya zat dalam rokok yang membahayakan tersebut.

Untuk itu, dalam kesempatan ini kita akan melihat beberapa jenis zat kimia dalam rokok yang memberikan andil besar terhadap kerusakan organ-organ dalam tubuh.

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis zat-zat berbahaya yang terdapat dalam satu batang rokok, hanya saja yang paling terkenal yaitu:

Nikotin

Salah satu zat yang amat terkenal dalam rokok yaitu nikotin yang merupakan racun senyawa organik alkaloid yang memiliki efek kuat terhadap tubuh manusia.

Dalam sebatang rokok biasanya mengandung 8-20 mg Nikotin. Meski begitu, ada pula beberapa jenis rokok yang lebih atau kurang tergantung dengan kualitas rokok tersebut. Nikotin inilah yang membuat perokok merasa berat untuk berhenti merokok karena kecanduan.

Dalam hal kesehatan, nikotin bisa menyebabkan banyak kasus kanker, serangan jantung, stroke, pembekuan darah, kerusakan pada otak, penyakit pada paru-paru dan sejumlah penyakit lainnya.

Dalam hal kecantikan, nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah halus mengerut yang akhirnya menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah. Kekurangan oksigen dalam darah ini berpengaruh terhadap kecantikan kulit seperti timbulnya masalah kulit kering, garis-garis halus, kusam, ataupun tidak kencang.

Ammonia

Selain Nikotin, Ammonia termasuk salah satu zat yang membahayakan kesehatan ataupun kecantikan. Ia merupakan senyawa kimia dengan rumus NH3 yang memiliki bau tajam dan menyengat hidung. Sebenarnya Amonia ini bermanfaat dalam keberadaan nutrisi di bumi dan dalam dunia pharmasi.

Biasanya, zat ini dimanfaat untuk pupuk, pembersih porselin, bahan bakar, dan dalam dunia tekstil. Jika sampai masuk kedalam tubuh, Amonia ini akan berbahaya bagi kesehatan. Efek buruknya bagi kesehatan bisa berupa iritasi saluran pernapasan, batuk, dan jika zat ini tertelan langsung maka bisa menimbulkan korosi pada lambung dan mulut.

Karbon Monoxida

Karbon monoksida (CO) merupakan pencemar udara karena pembakaran lahan yang mengandung karbon, asap rokok, pembakaran yang tidak sempurna, dan proses industri. Ia termasuk gas beracun yang bisa merusak oksigen dalam darah dan menghalangi masuknya oksigen yang dibutuhkan tubuh.

Sehingga, penyakit jantung, paru-paru dan banyak jenis penyakit lain mudah terjadi. Anda bisa bayangkan jika gas bercun ini mengendap dalam tubuh apalagi dalam waktu yang lama. Meskipun berbahaya bagi kesehatan bila dikomsumsi, zat ini juga berguna di bidang lain terutama dalam bidang tekhnologi modern.­­

Methanol

Satu lagi zat berbahaya yang terkandung dalam rokok, yaitu Methanol. Ia merupakan jenis alkohol sederhana yang biasa dikenal juga dengan metal alkohol, wood alcohol, ataupun spiritus.

Metanol ini sering digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk mesin pembakaran, bahan baku pembuatan cairan pembersih, bahan pendingin anti beku, bahan campuran keras, pelarut hingga digunakan sebagai bahan baku pembuatan bahan kimia lain seperti formalin dan metakrilat.

Nah, Anda bisa bayangkan jika zat yang digunakan untuk industri tersebut masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis penyakit yang bisa dihasilkannya adalah kerusakan otak, gangguan pernapasan, kebutaan, masalah pada jantung, ginjal ataupun hati.

**

Itulah beberapa jenis zat kimia dalam rokok yang tidak hanya membahayakan kesehatan tapi juga menganggu kecantikan dan ketampanan Anda. Alasan ini merupakan alasan kuat kenapa Anda harus mulai berhenti merokok.

Sejatinya Anda paham betul apa akibat dari merokok, hanya saja karena sudah kecanduan dan terbiasa sehingga Anda mengalami kesulitan dalam memberhentikan kebiasaan buruk tersebut.

Untuk itu, perlu kemauan yang kuat dan dukungan dari keluarga agar Anda bisa terlepas dari kebiasaan yang seiring berjalannya waktu merusak banyak sistem dalam tubuh Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *