Manfaat Pisang untuk Kecantikan dari Dalam dan Luar Tubuh

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pisang identik dengan buah yang murah dan digemari oleh hewan sebangsa primata. Banyak orang yang tidak menyukai bahkan menyepelekan pisang, padahal pisang memiliki segudang manfaat bagi manusia, khususnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat pisang tidak hanya dirasakan dari dalam tubuh, yaitu setelah dikonsumsi sebagai makanan, melainkan pisang juga memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit dari luar. Bahkan tidak hanya buah pisangnya yang bermanfaat, kulit pisang juga bisa digunakan untuk kecantikan.

Manfaat Pisang dari Dalam Tubuh

Pisang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Khusus yang berkaitan dengan kecantikan, berikut adalah beberapa manfaat pisang untuk kecantikan dari dalam tubuh:

1. Kalori. Mengkonsumsi 1 buah pisang bisa memuaskan keinginan makan sesuatu yang manis tanpa merusak diet. Satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori.

2. Lemak dan kolesterol. Pisang merupakan buah yang bebas lemak dan kolesterol. Hal ini juga bisa menjaga berat badan Anda.

3. Vitamin B6. Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Fungsi vitamin ini adalah untuk menumbuhkan sel-sel baru.

4. Vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10 mg vitamin C atau 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Vitamin C juga berperan penting dalam kelangsungan peredaran darah sehingga menjadikan kulit terlihat lebih segar.

Selain itu, vitamin C juga mampu merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari beragam kerusakan. Kolagen mampu meremajakan kulit, sehingga kulit tidak kusam dan semakin kencang. Vitamin C juga menghambat proses penuaan dini, menghaluskan kulit, serta membentuk pigmen di kulit. Dengan begitu kulit lebih terlihat bersih dan cerah.

Selain itu, dalam merawat kulit, vitamin C juga bisa menjadi perisai bagi kulit terhadap cahaya matahari. Paparan sinar matahari akan terhalang oleh adanya kandungan vitamin C yang mengandung antioksidan.

5. Vitamin E. Pisang kaya akan vitamin E yang amat baik untuk kulit. Fungsinya untuk menjaga kulit agar tetap kencang. Semakin bertambahnya usia pada manusia, maka kualitas kekencangan kulit termasuk kulit wajah akan mengalami penurunan, akibatnya kulit akan semakin mengendur.

6. Potasium. Kandungan potasium pada pisang akan membantu mengontrol keseimbangan natrium dan pelepasan cairan dalam sel sehingga dapat mencegah mata menjadi kering.

 Manfaat Pisang bagi Wajah dan Rambut

Dengan beberapa kandungan gizi yang sangat baik seperti vitamin B, B6, C, magnesium, kalsium, fosfor dan besi, pisang sangat bermanfaat bila digunakan sebagai masker pada wajah. Di antara manfaat pisang untuk kecantikan wajah adalah:

  • Menghilangkan jerawat. Gunakan masker pisang selama beberapa hari hingga jerawat menghilang.
  • Menghaluskan wajah. Gunakan masker pisang secara rutin dalam beberapa minggu hingga kulit untuk mengatasi kulit kering dan kasar.
  • Mengangkat sel kulit mati. Buah pisang mampu menghilangkan sel kulit mati penyebab wajah kusam, kotor dan berminyak.
  • Mengencangkan kulit. Pakai masker pisang yang sudah dicampur madu. Bilas dengan air hangat, agar pori-pori wajah terbuka dan kandungan nutrisinya meresap hingga ke rongga pori wajah sehingga kotoran dan partikel debu yang halus bisa terangkat. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air dingin.
  • Mengatasi rambut kering, ketombe, atau kulit kepala terkelupas. Masker pisang dapat meningkatkan kadar air pada rambut dan menenangkan gatal pada kulit kepala.

**

Selain buahnya, ternyata kulit pisang yang digosokkan pada kulit juga bermanfaat untuk kecantikan. Di antara manfaat kulit pisang untuk kecantikan adalah untuk mengobati kaki kering, kutil dan luka, mengatasi iritasi dan gatal, memutihkan gigi dan mempercantik kulit.

Jadi, jangan buang kulit pisang sembarangan ya!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *