Manfaat Mangga untuk Kecantikan dan Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Buah mangga identik dengan wanita yang sedang hamil muda atau biasa disebut ‘ngidam’, khususnya mangga muda yang masih setengah matang dan rasanya sedikit asam. Sebenarnya, memang banyak sekali manfaat mangga selain sekedar untuk memenuhi keinginan ibu hamil yang biasanya mengkonsumsi mangga muda untuk menghilangkan rasa mual.

Kandungan Nutrisi pada Buah Mangga

Dalam setiap 100 gram buah mangga terdapat:

– 272 kilo joule atau setara dengan 65 kkal.

– 7–12 persen gula hingga 16–18 persen gula dalam mangga matang yang manis. Kandungan gula berupa sukrosa dan karbohidrat dapat dijadikan sebagai sumber energi yang cukup besar sehingga gula darah akan tetap stabil.

– 46-65 miligram vitamin C sebagai antioksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jaringan. Vitamin C membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh sehingga membuat tulang kuat. Nutrisi penting ini juga membantu tubuh melawan peradangan, dan membuat pembuluh darah jadi kuat sehingga lebih elastis.

Vitamin C berperan dalam penciptaan sel-sel darah yang baru dan membantu menyerap zat besi serta mencegah pendarahan. Vitamin C dalam buah ini juga membantu pembentukan kolagen yang membuat kulit lebih sehat.

– 389 IU betakaroten yang juga temasuk salah satu antioksidan dan berguna untuk meningkatkan fungsi retina mata. Daging mangga yang berwarna kuning menandakan kandungan betakaroten yang tinggi, dan akan diproses menjadi vitamin A di dalam tubuh. Satu cangkir irisan mangga menyediakan 25 persen kebutuhan harian vitamin A.

Hal ini menunjukkan bahwa mangga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti rabun ayam. pelunakan kornea, kekeringan pada mata, gatal-gatal pada mata dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan mata. Vitamin A juga sangat bermanfaat untuk kulit, mencegah kusam, mencegah pori-pori terbuka, dan mengatasi masalah jerawat, serta menghaluskan siku, lengan dan lutut.

– 156 mg kalium, yang berfungsi meningkatkan fungsi otot jantung, kontraksi otot, dan tekanan darah. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke. Zat kalium yang terkandung di dalam buah mangga dapat bermanfaat untuk penyeimbang cairan di dalam tubuh, jika cairan di dalam tubuh terlalu banyak dapat menyebabkan pembengkakan pada anggota tubuh seperti tangan dan kaki.

Manfaat Mangga untuk Kecantikan

Dengan kandungan nutrisinya yang sangat beragam, mangga sangat baik dikonsumsi tidak hanya untuk kesehatan tubuh melainkan juga untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Manfaat mangga untuk kecantikan di antaranya yaitu untuk menyegarkan kulit wajah dan menghilangkan bau badan.

Mengonsumsi mangga secara teratur membuat warna kulit terlihat lebih merata, lembut dan lebih bersinar. Phenol dan enzim dalam mangga baik untuk kecantikan kulit dan rambut, karena mangga mengandung vitamin B-3 dan B komplek yang sangat berguna untuk rambut.

Mengkonsumsi buah ini juga membuat berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akan hilang serta membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat. Selain dimakan, mangga juga bisa digunakan sebagai masker untuk perawatan kulit wajah.

  • Caranya adalah sebagai berikut:
    Kupas satu buah mangga, buang bijinya, potong – potong daging buahnya dan haluskan dengan blender.
  • Tambahkan 2 sdm bubuk oatmeal dan 2 sdm whipped cream.
  • Aduk secara merata hingga terlihat seperti pasta dengan butiran agak kasar (scrub).
  • Masukkan campuran ke dalam kulkas, dinginkan selama 10 menit.
  • Gunakan sebagai masker ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit, bilas wajah dengan memakai air hangat.

Bagi Anda yang ingin diet, mangga merupakan penurun berat badan yang alami. Dengan mengkonsumsi mangga yang kaya akan vitamin dan nutrisi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan nafsu makan berlebih Anda.

**
Dimakan langsung, dijadikan campuran cocktail, puding, juice, salad, maupun rujak, buah mangga tetap bermanfaat. Selamat menikmati manfaat buah mangga!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *