8 Kiat Bijak Mengkonsumsi Gula

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Gula memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa gula rasanya hidup hambar dan tidak bergairah. Itulah kenapa semua orang suka dengan gula. Tak peduli, anak-anak, remaja maupun orang tua, mereka senang makanan dan minuman dengan rasa manis. Namun, berbagai penelitian dari bidang kedokteran menemukan fakta bahwa selain manis, gula juga bisa menimbulkan dampak yang tragis dalam hidup seseorang.

Sekarang banyak bermunculan penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh gula. Tak heran bila sebagian orang mulai menghindari pemakaian gula meskipun mereka sangat menginginkannya. Sebenarnya, yang salah bukan gulanya tapi orang yang mengkonsumsinya yang kurang bijak. Penyakit yang ditimbulkan pada umumnya disebabkan oleh tindakan yang mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Dalam batas normal, mengkonsumsi gula tidak ada masalah bahkan bagus untuk kesehatan. Untuk itu, seseorang perlu bijak dalam mengkonsumsi gula agar terhindar dari bahaya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi gula.

Selalu berolahraga

Mengkonsumsi gula haruslah diiringi dengan olahraga. Tidak lain gula merupakan sumber kalori dan harus dibakar agar tidak tertimbun dalam tubuh. Orang yang banyak mengkonsumsi gula dan jarang olahraga, gula akan banyak tertimbun dalam tubuh sehingga muncullah penyakit tertentu. Lakukan aktivitas fisik secara rutin agar gula gula tidak mengendap.

Ketahui batas penggunaan gula

Selain manis dan membangkitkan selera, gula memang dipercaya sebagian orang bisa berpengaruh positif pada kesehatan. Gula disinyalir dapat meningkatkan zat penenang dalam otak sehingga jiwa seseorang jadi tenang dan mudah mengantuk. Kendati demikian, sebaiknya tetap perhatikan resiko memakan gula. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi gula maksimal 5 % dari jumlah kecukupan energi setiap harinya.

Cermat melihat kandungan gula

Ketika akan membeli sebuah makanan dan minuman cobalah lihat di kemasan terlebih dahulu berapa kandungan gula yang ada dalam produk tersebut. Jika kadar gula masih dalam batas normal, maka tak ada salahnya untuk mengkonsumsinya.

Carilah produk yang sugar free

Jika Anda tidak paham masalah batasan kandungan gula, untuk memudahkan sebaiknya pilihlah produk makanan dan minuman yang ada tulisan sugar free atau less sugar.

Pengetahuan tentang kadar berbagai gula

Di pasaran banyak tersedia berbagai jenis gula diantaranya gula pasir, gula pasir kasar, gula balok, gula bubuk, gula jagung, gula merah dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa masing-masing gula tersebut memiliki tingkat kemanisan yang berbeda. Oleh karena itu, harus dipertimbangkan berapa kalorinya dan penggunaannya harus berbeda.

Menggunakan pemanis buatan

Untuk mengurangi ketergantungan dengan gula, banyak orang yang berusaha menggunakan pemanis buatan untuk mengganti gula. Salah satu pemanis buatan yang sering digunakan adalah aspartam. Akan tetapi, penggunaan pemanis buatan bukan berarti seseorang bisa menggunakan sesuka hatinya. Penggunaan dalam jumlah berlebihan tetap membahayakan.

Selalu periksa dan cek kadar gula

Pemeriksaan kadar gula tidak hanya diharuskan kepada orang yang menderita penyakit gula tapi juga kepada mereka yang sehat. Hal ini sangat penting sebagai tindakan pencegahan dan berjaga-jaga.

Mulai batasi penggunaan makanan bergula

Makanan dan minuman bergula bisa dijumpai di mana saja baik makanan alami, buatan maupun campuran. Untuk berhenti mengkonsumsi gula merupakan hal yang mustahil dan juga tidak bisa dilakukan seketika. Satu-satunya hal yang harus dilakukan bukanlah menjauhkan hidup dari gula tapi mulai membatasi penggunaanya.

**

Demikianlah beberapa kiat yang perlu diperhatikan agar penggunaan gula tetap dalam batas normal. Tetaplah berhati-hati karena kelalaian dapat menyebabkan kerugian dalam jangka panjang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *