6 Langkah Agar Terhindar Dari Kanker Serviks

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kanker mulut rahim atau dikenal juga dengan istilah kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh perempuan selain kanker payudara. Bagaimana tidak, jumlah korban meninggal pengidap kanker serviks terus meningkat dari tahun ke tahun.

Selain itu, penelitian dari WHO mengatakan setiap hari ada sekitar 40 perempuan yang terdiagnosa kanker serviks dan 20 diantaranya meninggal dunia. Juga dikabarkan bahwa dari seluruh penderita kanker di Indonesia, sepertiganya merupakan penderita kanker serviks.

Fakta tersebut tentunya sangat menakutkan bagi perempuan. Bagaimanapun, rahim merupakan salah satu organ yang paling penting. Selain resiko kehilangan rahim, juga dibutuhkan banyak biaya dan waktu untuk mempertahankan agar penderita tetap sehat dan bisa hidup. Untuk itu, mencegah terjadinya kanker serviks sejak dini merupakan sebuah keharusan bagi perempuan.

Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara agar terhindar dari kanker serviks. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan :

Rawat muka, rawat juga organ vitalnya

Keinginan tampil cantik sangat menguasai diri perempuan. Celakanya, cantik itu diidentikan dengan wajah dan bagian tubuh yang tampak saja. Sibuk mengurus wajah, kulit dan rambut, sebagian perempuan malah tidak punya waktu yang cukup untuk merawat organ vitalnya sendiri. Mereka terkadang menyepelekan urusan organ intim. Padahal kesehatan organ intim jauh lebih penting.

Rajinlah membersihkan organ intim. Sebaiknya juga mengganti celana dalam minimal 3 kali dalam sehari. Jika sedang datang bulan, dianjurkan untuk sering mengganti pembalut agar organ intim tetap bersih.

Pilihlah pembalut berkualitas

Akhir-akhir ini ramai dibicarakan tentang pembalut mengandung bakteri yang bisa menyebabkan kanker pada perempuan. Hal ini memang sebuah kenyataan. Setiap perempuan harus mengetahui bahwa tidak semua pembalut yang dijual di pasaran itu terbuat dari bahan yang baik. Selalu ada produsen yang menggunakan cara yang curang dan tidak memperhatikan keselamatan pemakai untuk mengeruk keuntungan.

Lakukan pemeriksaan berskala

Sekarang di rumah sakit maupun puskesmas sudah banyak tersedia berbagai pemeriksaan untuk mendeteksi apakah seseorang terjangkit kanker serviks atau tidak. Deteksi dini kanker serviks ini perlu dilakukan agar bisa dilakukan berbagai tindakan pencegahan.

Hindari merokok, seks bebas dan kebiasaan buruk lainnya

Beberapa kebiasaan buruk dan kurang sehat selalu menjadi pemicu berbagai penyakit termasuk kanker serviks. Merokok dan seks bebas merupakan beberapa diantara penyebabnya. Berhubungan intim dengan pasangan yang tidak sah dan bergonta ganti pasangan itu sangat berbahaya.

Hati-hati produk kimia

Sebagian perempuan ada yang mempercayakan kesehatan organ intimnya pada produk kimia. Ketika sudah membersihkan dan mengoleskan sebuah produk ke organ intim, mereka merasa tindakan mereka sudah benar. Ketahuilah bahwa tidak semua produk benar-benar sesuai dengan organ intim.

Bahan-bahan tertentu mungkin malah membahayakan organ vital. Konsultasilah kepada ahlinya sebelum menggunakan sebuah produk terlebih untuk bagian dalam organ intim.

Makanan yang sehat dan bergizi

Junk food dan berbagai makanan instan dikhawatirkan akan merusak kesehatan. Beberapa makanan juga dilansir bisa memicu terjadinya kanker. Berhati-hatilah dalam memakan sesuatu. Kembalilah kepada pola makan yang sehat. Jangan memilih makanan karena gengsi tapi karena manfaatnya terhadap kesehatan.

***

Sakit memang termasuk salah satu ujian dari Tuhan yang kita tidak tahu kapan datangnya dan bisa saja menimpa semua orang. Namun, tidak ada salahnya kita berusaha untuk mencegah agar penyakit tidak menimpa diri kita.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *