Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut, Tubuh dan Kulit Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi Anda yang suka makan soto, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jeruk nipis. Ya, jeruk nipis biasa diperas untuk membuat rasa soto lebih sedap, sedikit asam tetapi nikmat di lidah. Namun tahukah Anda, sebenarnya jeruk nipis juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, rambut dan kulit wajah, karena mengandung vitamin C yang lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya?

Selain vitamin C, jeruk nipis mengandung berbagai zat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, zat tersebut antara lain kalsium, asam sitrat, fosfor, zat besi, vitamin B1, lemak, kalori, air, garam, protein, hidrat arang, felladren, geranil asetat, linalin asetat, dan limonen.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Rambut

Jeruk nipis dapat membuat rambut halus, lembut dan berkilau, serta menghilangkan ketombe. Bagaimana caranya?

Untuk mengilaukan dan melebatkan rambut. Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat.

Untuk mencegah rambut rontok atau berketombe. Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

Untuk menyejukkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. Peras jeruk nipis dan ambil sarinya. Gosokkan pada kulit kepala sampai merata sambil dipijat dengan lembut. Untuk hasil maksimal, bisa dicampurkan dengan minyak zaitun, alpukat atau santan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain: mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah, membersihkan kulit kusam, menghilangkan jerawat, komedo dan bakteri bekas jerawat.

Caranya sangat mudah:

Potong jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian tekan perlahan sampai keluar sedikit airnya. Oleskan secara merata dengan jari-jari tangan menyentuh kulit jeruk nipis tersebut. Oleskan ke semua bagian wajah. Pastikan kulit wajah basah oleh air jeruk nipis. Kemudian diamkan wajah selama 30 menit agar nutrisinya meresap ke dalam pori-pori kulit. Setelah 30 menit, bilas wajah dengan air bersih. Sederhana bukan? Tidak memerlukan tambahan dan media apapun.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Kebiasaan mengonsumsi air jeruk nipis (jika tidak memiliki masalah lambung) bermanfaat untuk menaikkan pH dalam tubuh, terutama urine, yang membuat ginjal dapat bekerja dengan lebih baik untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Namun, apabila air jeruk nipis ditambahkan air hangat, perusakan vitamin C dan bioflavonoid akan terjadi lebih cepat.

Vitamin C dan bioflavonoid memiliki manfaat untuk memperbaiki daya tahan tubuh, antioksidan, dan mencegah munculnya kanker. Selain itu, vitamin C adalah salah satu komponen untuk pembentukan kolagen secara alami dalam tubuh.

Air dari buah jeruk nipis bisa digunakan untuk penyedap masakan, minuman, penyegar dan bahkan bisa untuk bahan campuran jamu. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan jeruk nipis yaitu:

  1. Ambeien
  2. Amandel
  3. Anyang-anyangan
  4. Batuk
  5. Batuk disertai influenza
  6. Bau badan
  7. Batu ginjal
  8. Difteri
  9. Demam
  10. Haid tidak teratur
  11. Radang tenggorokan
  12. Tekanan darah tinggi
  13. Sakit gigi
  14. Pegal linu
  15. Terkilir

**

Jadi, jangan anggap jeruk nipis hanya sebagai pengharum dan penghilang bau amis saja lho, ternyata banyak sekali khasiat dan manfaat jeruk nipis yang lainnya bukan?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *