9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pepaya atau dikenal dengan nama ilmiah Carica pepaya merupakan tanaman herba yang banyak manfaatnya. Buah tanaman yang berasal dari kelompok caricaceae ini sangat disukai karena rasanya yang manis. Tidak hanya manis, buah pepaya juga mengandung banyak vitamin yang berkhasiat tinggi untuk kesehatan. Meskipun orang tergila-gila dengan buahnya, daunnya justru dihindari banyak orang karena rasanya yang pahit.

Selain buah pare, daun pepaya juga ditakuti. Tak hanya pahit, ekstrak daun pepaya baunya juga kurang menyenangkan. Namun, daun pepaya memiliki khasiat yang tidak kalah penting dibanding buahnya. Berbagai penelitian menjelakan bahwa daun pepaya mengandung sejumlah senyawa yang bisa mengobati berbagai penyakit dan masalah kecantikan.

Bagi Anda yang masih anti dengan daun pepaya, coba deh disimak manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini.

Mengobati keputihan

Hampir tidak ada kaum hawa yang steril dari masalah keputihan. Keputihan tidak bisa dianggap masalah sepele tapi harus mendapat perhatian khusus. Keputihan yang tidak ditangani dengan baik akan berujung pada penyakit serius. Untuk mengobati keputihan juga tidak harus meminum obat kimia, dengan ramuan daun pepaya keputihan juga bisa diatasi.

Mengurangi jerawat

Salah satu masalah kulit yang membuat sebagian besar orang bete adalah jerawat yang tidak mau minggat. Masalah ini tidak hanya dialami oleh wanita tapi juga pria. Mengkonsumsi daun pepaya juga bisa membantu mengurangi jerawat, jadi tak ada salahnya untuk mulai menyukai daun pepaya.

Menambah dan mengembalikan nafsu makan

Selera makan itu kadang tidak menentu, tiba-tiba naik dan kadang turun tanpa alasan yang kurang jelas. Memang banyak hal yang bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan baik disadari maupun tidak. Kehilangan nafsu makan sangat berbahaya bagi tubuh, oleh karena itu jangan biarkan tubuh terus kurang nutrisi dan usahakanlah meminum ekstrak daun pepaya atau memakan daun pepaya sebagai sayur.

Mengurangi nyeri datang bulan

Selain keputihan, masalah nyeri ketika haid juga hampir dialami oleh semua wanita dengan tingkat nyeri yang berbeda. Nyeri ketika datang bulan disinyalir ahli kesehatan merupakan tanda-tanda kemungkinan penyakit tertentu. Disamping itu, rasa nyeri sangatlah menyiksa. Seorang wanita tidak bisa bergerak dengan nyaman dan kehilangan konsentrasi. Herba yang sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit adalah daun pepaya.

Baik untuk pencernaan

Berbagai kandungan yang terdapat dalam daun pepaya juga sangat baik untuk kelancaran pencernaan. Zat kapain yang dimiliki daun pepaya bisa membunuh bakteri jahat yang menganggu organ pencernaan. Jika pencernaan tidak lancar, banyak aktivitas yang akan tertunda. Nah, cobalah siasati dengan memakan daun pepaya dengan jadwal tertentu.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menyerang banyak orang. Tidak hanya menaikkan tekanan darah, menurunkan tekanan darah juga butuh usaha ekstra bagi sebagian orang. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya coba dulu memakan daun herbal ini.

Mengobati demam berdarah

Salah satu penyakit yang paling ditakuti dan banyak menyebabkan kematian adalah demam berdarah. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini membutuhkan penanganan khusus karena tidak mudah menyembuhkannya. Selain berobat dengan dokter ahli, juga tidak ada salahnya mengkonsumsi herbal daun pepaya sebagai pelengkap pengobatan.

Membantu menyembuhkan batu ginjal

Daun pepaya juga bisa membantu menyembuhkan penyakit batu ginjal. Untuk mencapai hasil yang terbaik, disarankan untuk meminum air rebusan daun pepaya dalam beberapa hari. Namun, hal ini tidak dianjurkan bagi penderita hipertensi.

Melindungi dari kanker

Beberapa para ahli berpendapat bahwa daun pepaya dimungkinkan bisa mengobati kanker. Meskipun belum jelas dan pasti sejauh mana peranan daun pepaya mencegah dan mengobati kanker, paling tidak ilmuwan sudah menemukan tanda-tanda bahwa daun pepaya memang berkhasiat tinggi.

**

Mengkonsumsi daun pepaya bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu ditumbuk atau diblender menjadi jus, dijadikan lalapan, digoreng menjadi kerupuk dan sebagainya. Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *