Khasiat Minyak Zaitun dan Beragam Cara Penggunaannya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Khasiat minyak zaitun atau olive oil sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan pengobatan di zaman nabi. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa minyak zaitun juga bisa diambil manfaatnya bukan hanya dengan cara dioleskan atau sebagai obat luar, melainkan juga bisa dikonsumsi langsung atau diminum, bahkan menjadi pengganti minyak goreng yang sangat baik untuk kesehatan.

Kekayaan nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun tidak hanya berfungsi pada pengobatan luar misalnya sebagai minyak pijat saja, tetapi juga mampu menjaga kesehatan dari dalam tubuh, khususnya untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Kami berbagi informasi mengenai kandungan nutrisi minyak zaitun dan bagaimana cara penggunaan minyak zaitun, diulas di bawah ini. Mari disimak.

Kandungan Nutrisi dalam Minyak Zaitun

Sebagai bahan herbal yang kaya manfaat, minyak zaitun mengandung beberapa nutrisi penting seperti:

  • Squalene

Di antara minyak nabati lainnya, minyak zaitun memiliki kadar squalene paling tinggi. Squalene adalah cairan eter organik yang bermanfaat sekali bagi sistem imun manusia. Squalene digunakan sebagai bahan baku insulin bagi penderita diabetes.

  • Polifenol

Kandungan minyak zaitun yang memiliki kadar tinggi adalah zat antioksidan bernama polifenol, yaitu senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mungkin mengurangi risiko pembekuan darah.

  • Tokoferol

Salah satu komponen penting minyak zaitun adalah tokoferol (vitamin E), terdiri atas tokoferol alfa, beta, gama, dan delta. Jenis alfa paling tinggi konsentrasinya, hampir mencapai 90 persen dari total tokoferol. Karena itu, minyak ini sangat ideal sebagai antioksidan.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa dirasakan manfaatnya dengan berbagai cara, yaitu selain dengan cara dioleskan pada kulit, sebagai minyak pijat, campuran untuk masker dan lulur, juga bisa dikonsumsi atau diminum secara langsung, sebagai campuran salad, saus, bahkan menjadi pengganti minyak goreng yang umumnya berkolesterol tinggi.

1. Menggunakan minyak zaitun pada kulit

  • Dioleskan secara langsung. Sebelumnya, perlu dikenali jenis kulit Anda, apakah berminyak, normal atau kering. Hal ini berpengaruh pada berapa banyak minyak zaitun yang bisa dioleskan terutama pada wajah. Untuk wajah berminyak, setelah minyak dioleskan maka tepuk-tepuk wajah dengan tisu sehingga minyak yang berlebih dapat terserap kembali. Selain untuk perawatan dan pengobatan kulit kasar dan kering, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai pelembab.
  • Sebagai campuran shampo, masker atau lulur. Beberapa tetes minyak zaitun bisa dicampurkan dengan bubuk cendana (untuk wajah), telur atau biji lemon dan lada (untuk rambut). Bisa juga dicampur dengan bahan-bahan lain untuk dijadikan lulur, dengan tujuan menjaga kelembaban dan kekencangan kulit.

Dengan kandungan antioksidannya, minyak zaitun sangat baik untuk menghaluskan kulit, mengobati jerawat, hingga merawat rambut dan kulit kepala.

2. Mengkonsumsi minyak zaitun

  • Diminum secara langsung. Minum satu atau dua sendok minyak zaitun sebelum tidur sangat baik untuk kesehatan. Bagi yang tidak menyukai rasanya, atau untuk ibu hamil yang mudah mual, sekarang banyak dibuat minyak zaitun dalam kapsul.
  • Sebagai saus atau campuran salad. Untuk menghindari rasa yang mungkin agak pahit dan sedikit pedas, minyak zaitun bisa dicampurkan dengan salad atau beserta saus lainnya.
  • Digunakan untuk menggoreng. Minyak zaitun yang memiliki lemak tak jenuh sangat baik untuk dijadikan minyak goreng rendah kolesterol bagi yang ingin diet atau penderita diabetes yang bosan dengan makanan rebusan.

Mengkonsumsi minyak zaitun mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti kanker, jantung, stroke, penebalan pembuluh darah, radang sendi, masalah pencernaan, dan tekanan darah tinggi.

**

Saat ini banyak ditemukan minyak zaitun dengan berbagai jenis di pasaran, ada yang murni atau campuran. Anda harus berhati-hati agar tidak tertipu, dan dapat merasakan khasiat minyak zaitun pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *