Tips dan Cara Mencegah Keriput

kulit keriputKeriput terjadi akibat lapisan ari dan lapisan jangat mengalami penipisan. Keriput akan semakin jelas terlihat seiring dengan bertambahnya usia, karena pertambahan usia akan diikuti dengan berkurangnya fungsi sistem jaringan kulit, seperti kelenjar keringat dan kelenjar minyak.

Jika kelenjar minyak dan kelenjar keringat berkurang fungsinya, maka lapisan kulit pada daerah paling luar akan mengering dan menipis, dan selanjutnya kulit akan mengelupas. Pengelupasan ini mengakibatkan kulit kehilangan kelembaban.

Bila keadaan ini terjadi terus-menerus, maka kulit akan menjadi lebih kering dan tampak lebih tua. Kulit yang pada awalnya halus dan mulus, kini menjadi kehilangan elastisitas dan berubah kusam, kering, dan keriput..

Selain faktor usia, ada banyak faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya keriput dan penuaan kulit. Faktor genetik yang sebelumnya diyakini menjadi penyebab utama penuaan kulit, hanya mempengaruhi 20 – 30 persen saja. Penggunaan kosmetik yang berlebihan juga bisa memicu terjadinya penuaan kulit secara dini dan memunculkan keriput lebih cepat.

Lingkungan yang tidak mendukung juga bisa mempercepat munculnya keriput. Lingkungan luar yang terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembaban. Selain itu, berlama-lama dalam ruangan ber-AC dapat berdampak buruk pada kulit karena ruang ber-AC memiliki kelembaban rendah dan cenderung kering.

Tips dan Cara Mencegah Keriput

Sebagian orang kadang menempuh operasi plastik untuk menghilangkan kerutan di wajah mereka, tapi apakah hal ini dapat menyelesaikan masalah?  Tidak. Hal ini justru kadang akan menambah masalah baru pada kulit anda. Selain biayanya mahal, menempuh operasi plastik untuk menghilangkan kerutan (keriput) juga tidak menjamin kerutan akan hilang dan tidak akan datang lagi.

Cara mencegah keriput yang aman tanpa efek samping adalah dengan menggunakan obat herbal. Berikut ini adalah sejumlah tips dan cara untuk mencegah keriput.

Konsumsi Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan dapat mencegah penuaan dini dan membatasi munculnya keriput pada kulit anda. Kandungan kolagen dan protein yang terdapat dalam kacang-kacangan bisa memperlambat penuaan karena kacang mengandung anti-oksidan kuat yang memfasilitasi produksi kolagen dan protein yang berfungsi membuat kulit kita terlihat lebih muda.

Konsumsi Buah Tomat

Buah tomat dikenal sebagai anti oksidan karena mampu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit. Kandungan yang terdapat dalam buah tomat seperti zat lycopen sangat dibutuhkan tubuh sebaga pembentuk pertahanan tubuh dari dalam untuk mencegah kerusakan kulit karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Perbaiki Posisi Tidur

Menurut lembaga penelitian American Academy of Dermatology (AAD), salah satu penyebab munculnya keriput pada wajah adalah tidur dalam posisi miring. Tidur dalam posisi miring diduga menjadi salah satu penyebab kerutan pada pipi dan dagu, sementara tidur telungkup dapat membuat kening berkerut.

Konsumsi Banyak Ikan

Sumber protein yang terdapat dalam ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ikan merupakan sumber penting asam lemak esensial atau omega-3 yang dapat membantu kulit agar tetap muda dan sehat, serta membantu mengurangi keriput.

Konsumsi Kopi atau Cokelat

Menurut Journal of Nutrition edisi 2006, para peneliti telah menemukan kandungan kakao ternyata mengandung banyak zat flavonol (epicatchin dan catechin) di dalam kopi dan cokelat yaitu zat yang berfungsi untuk melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari, memperbaiki sirkulasi darah ke sel kulit, memperbaiki hidrasi dan membuat kulit nampak terlihat awet muda.

Hindari Pemakaian Kosmetik Berlebihan

Menghindari penggunaan kosmetik yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang cukup lama, dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan timbulnya kerutan di kulit. Jika memungkinkan, pakailah kosmetik ketika dibutuhkan saja dan sebaiknya gunakan kosmetik berbahan herbal.

Ketika di Ruang Ber-AC

Ruang ber-AC memiliki kadar kelembaban udara yang rendah dan cenderung kering. Hal ini bisa menyebabkan kulit kering yang dapat memicu munculnya keriput. Hindari terlalu lama terpapar ruang ber-AC. Jika Anda harus bekerja dalam ruang ber-AC, perbanyak minum air putih dan aturlah waktu sebaik-baiknya untuk sesekali menghirup udara bebas di luar.

*********

Demikianlah beberapa tips dan cara mencegah terjadinya keriput yang dapat kami persembahkan kali ini. Ingat, dibutuhkan ketekunan dan disiplin yang tinggi untuk bisa mencegah terjadinya keriput dan penuaan kulit secara dini. Karena itu, mulailah latihan dari sekarang, sedikit demi sedikit dan tetap semangat!




  • jaya

    kalau untuk pria bagaimana bisa gak ya…. karena kulit pria kan agak berbeda dengan wanita…