Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Loading...

Anda pasti sering mendengar istilah kolesterol. Kolesterol adalah lemak tak jenuh yang merupakan substansi seperti lilin yang warnanya putih dan berada di dalam sistem hormon tubuh, berfungsi untuk pembuatan asam empedu, hormon steroid, dan vitamin D.

Kolesterol berasal dari dua sumber. Sebagian kolesterol diproduksi oleh liver, dan sebagain yang lain diperoleh melalui makanan seperti daging dan produk susu.

Kolesterol dibawa ke dalam darah  oleh protein, penggabungan dari keduanya disebut lipoprotein. Nah, lipoprotein yang baik dikenal sebagai LDL (Low-Density Lipoprotein), sementara lipoprotein yang jahat disebut HDL (High-Density Lipoprotein).

Jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan terbentuknya jaringan tipis dan plak pada dinding arteri di seluruh tubuh, Lempengan plak yang menempel pada dinding pembuluh darah ini disebut sebagai atherosclerosis.

Lempengan plak yang terkumpul ini akan mengeras dan mempersempit aliran pembuluh darah arteri, mengurangi atau bahkan menghentikan aliran darah. Bila aliran darah terhambat akibat penyempitan pembuluh arteri atau karena adanya bekuan di dalam pembuluh darah, maka dapat terjadi kerusakan jaringan secara serius yang bisa berakibat menjadi serangan jantung, stroke, atau masalah pembuluh darah lainnya.

Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol tinggi dari dalam darah? Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang serta memilih menu yang mengandung rendah lemak. Di samping itu, ada sejumlah cara lainnya untuk menurunkan kolesterol, antara lain:

  1. Olah raga secara rutin minimal 20 menit setiap hari
  2. Mengkonsumsi susu rendah lemak
  3. Mengkonsumsi daging tanpa kulit
  4. Menggoreng hanya dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak canola
  5. Rajin minum jus tomat atau jus apel
  6. Rajin minum teh hijau. Selain bermanfaat meningkatkan kolesterol baik (LDL) serta mencegah pembentukan kolesterol jahat (HDL)
  7. Mengkonsumsi makanan penurun kolesterol seperti: bawang putih, tempe, teh hijau, buah anggur, apel, alpukat dan blueberry
  8. Makan havermurt pada pagi hari untuk menurunkan kolesterol tinggi

Kolesterol jahat sangat sulit untuk dikeluarkan, namun demikian tidak berarti tidak bisa diobati sama sekali. Menghindari pemicunya adalah hal yang bijaksana dan sangat penting dilakukan.

Selain itu menjaga pola makan dengan diet yang seimbang dan menghindari sumber makanan yang mengandung tinggi lemak, serat mengkonsumi obat-obatan alami penurun kolesterol dapat membantu Anda terjaga dari serangan kolesterol jahat.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *