Cara Mengatasi Sakit Kepala Dengan Obat Herbal

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sakit kepala tidak selamanya harus ditangani dengan obat kimia, banyak obat herbal yang bisa digunakan. Seperti dikutip dari doctoroz.com, berikut beberapa treatment obat herbal untuk mengatasi sakit kepala yang bisa anda coba. Harga dari produk-produk yang disarankan di bawah ini cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Produk yang digunakan harus pula disesuaikan dengan jenis sakit kepala yang diderita. Berikut ini uraiannya.

1. Tension headaches

Jenis sakit kepala yang paling umum. Rasanya seperti ada yang menghimpit kepala anda dengan sangat keras. Penyebabnya adalah otot-otot di sekitar daerah tengkorak kepala mengalami kontraksi. Sakitnya seperti menjalar dari telinga satu ke lainnya di sekitar bagian depan kepala. Biasanya rasa sakit itu dipicu oleh kurang tidur.

Solusi yang bisa dicoba :

  • Peppermint Oil

Berasal dari daun peppermint yang sudah umum digunakan sebagai obat terhadap beberapa penyakit. Cara menggunakannya adalah dengan mengusapkan oil tersebut pada area batas tumbuh rambut di kepala. Anda akan merasakan sensasi dingin yang akan membuat otot-otot pada kepala dan leher rileks. Ketika otot kepala dan leher rileks maka lambat laun sesuatu yang menghimpit kepala tadi seperti terurai.

  • Ginger Tea

Buatlah teh jahe dengan merebus jahe yang telah dimemarkan (dikeprok). Teh buatan sendiri ini bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa sakit. Saat merebus jahe anda dapat menambahkan madu atau gula merah, namun disarankan jangan terlalu banyak pemanisnya. Khasiat teh jahe ini bisa anda rasakan dalam waktu yang sama yang dibutuhkan obat untuk bekerja

2. Cluster Headches

Rasanya seperti es (rasa dingin) menusuk-nusuk dalam kepala. Rasa sakitnya berlangsung pada klaster yang sama selama beberapa minggu. Sering terjadi di malam hari sehingga membangungkan si penderita dari tidur. Berulang terjadi sampai berminggu bahkan berbulan-bulan. Biasanya disertai juga dengan hidung berlendir (ingusan) atau demam. Sakit kepala jenis ini sering muncul saat cuaca dingin.

Solusi yang bisa dicoba :

  • Capsaicin Cream

Krim ini mengandung cayenne pepper, zat yang terdapat pada cabai. Sangat baik diterapkan dalam mengobati gejala-gejala yang terjadi para syaraf. Penggunaannya dengan diusapkan pada daerah (lubang) hidung di area yang sakit. Krim ini akan bekerja untuk menghambat nyeri syaraf terjadi.

3. Migraine Headches

Rasa sakit berlangsung di salah satu sisi. Sakit kepala ini memicu anda menjadi sensitif pada cahaya dan suara dan menyebabkan anda mual. Sakit kepala ini sering hanya terjadi pada satu sisi kepala saja dan kadang berpindah-pindah ke sisi sebelahnya. Penelitian menunjukkan bahwa peluang resiko tiga kali lebih besar terjadi pada wanita daripada laki-laki.

Solusi yang bisa dicoba :

  • Feverfew

Suplemen yang berasal dari bunga matahari ini terbukti efektif untuk menyembuhkan migrain. Bisa mengurangi radang pada saraf  dan mencegah rasa sakit menjalar ke area lain.

  • Acupressure Massage

Metode penyembuhan tradisional dari China ini bisa diterapkan dengan memijat titik tertentu pada badan untuk menghilangkan rasa sakit. Posisikan kedua ibu jari anda di antara area yang akan dipijat tekan dengan kuat selama 3 sampai 5 menit.

Semoga informasinya membantu dan anda tetap sehat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *