Obat Herbal Untuk Mengatasi Keputihan

Loading...

 

DOKTERCANTIK.COM – Keputihan pada dasarnya ada yang normal dan tidak. Keputihan yang normal bericirikan bening, tidak gatal dan tidak berbau. Yang perlu dikhawatirkan adalah keputihan tidak normal yaitu keputihan yang menimbulkan rasa gatal pada bagian dalam dan luar miss v,  beraroma tidak sedap, berwarna kekuningan dan kadang menggumpal bahkan menyebabkan rasa perih ketika buang air kecil.

Keputihan yang tidak normal tersebut harus segera diobati. Cara mengatasinya cukup mudah dengan menggunakan bumbu-bumbu dapur ataupun sayuran yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Berikut ini informasi tentang obat herbal yang dapat mengatasi keputihan, yang bisa dicoba :

Daun sirih

Kandungan batlephenol dan kanivol pada daun sirih berguna untuk memaitkan kuman, kandungan antioksidan dna anti jamur. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun sirih yang sudah dibersihkan dalam dua liter air. Air rebusan kemudian ditunggu hingga dingin dan basuh (siramkan) ke seluruh bagian miss v. Lakukan secara teratur hingga gangguan (bau, gatal) hilang.

Bawang putih

Selain untuk memasak, bawang putih juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Termasuk untuk membantu mengatasi keputihan. Bawang putih mengandung anti virus yang menghambat perkembangan bakteri, jamur dan virus. Mengonsumsi bawang putih harus pula disertai dengan minum air putih yang cukup untuk menghindarkan anda dari bau badan.

Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt secara teratur dapat mencegah keputihan karena mengandung bakteri baik yang bisa menjaga keseimbangan bakteri candida

Sambiloto

Yang dimanfaatkan adalah batang sambiloto. Caranya adalah bersihkan terlebih dahulu kemudian potong menjadi potongan kecil-kecil. Rebus bersama dengan air (sebanyak 4 gelas). Lalu biarkan sampai mendidih sampai air yang tersisa dalam wadah berkurang menjadi sekitar 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum. Konsumsi minuman ini 3 kali dalam sehari. Jika diperlukan, anda dapat menambahkan sedikit madu ke dalamnya

Daun jarak pagar

Daun jarak dicuci hingga bersih kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu diseduh dengan air panas. Dinginkan kemudian saring. Air saringannya digunakan untuk membasuh miss v anda.

Biji mangga

Biji buah mangga dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering kemudian ditumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan sedikit air ke dalam bubuk biji mangga tadi sampai ramuannya menjadi seperti pasta. Lalu, oleskanlah ramuan tadi ke bagian luar miss v.

Akar sayur bayam

Keputihan juga bisa disebabkan karena infeksi. Untuk jenis keputihan ini, anda bisa mengatasinya dengan akar sayur bayam. Caranya cuci sampai bersih akar bayam. Pastikan dicuci bersih. Kemudian rebuslah seperti biasa. Lalu air rebusan itu dijadikan minuman. Konsumsi dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Kandungan antibakteri dalam akar bayam akan membantu menghilangkan infeksi.

Ketumbar

Rendam biji ketumbar selama semalaman. Kemudian saring hingga hanya menyisakan airnya saja. Minumlah air rendaman biji ketumbar tersebut di pagi hari saat perut anda masih kosong. Hendaknya dilakukan berturut-turut selama seminggu agar khasiatnya dapat anda rasakan.

 **

Selain ramuan herbal di atas, anda juga harus menjaga kebersihan miss v. Gantilah pakaian dalam minimal dua kali dalam sehari. Bersihkan miss v secara teratur. Hindari stress dan rajinlah berolahraga.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Obat Herbal Untuk Mengatasi Keputihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *