7 Khasiat Madu Untuk Wajah dan Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selama ini madu dipercaya sebagai herbal yang kaya manfaat dalam bidang kesehatan. Bisa dikatakan, madu merupakan herbal andalan setiap orang ketika sedang menderita penyakit tertentu. Tak heran bila orang berlomba membeli  madu terutama madu murni. Begitu juga, tak sedikit orang yang membisniskan madu karena potensinya yang begitu besar.

Madu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan menambah finansial keluarga, madu juga memiliki khasiat yang tidak kalah pentingnya untuk kecantikan. Madu biasa digunakan untuk melembabkan bibir dan untuk vitamin rambut.

Selain itu, madu juga umumnya digunakan untuk mandi karena dipercaya bisa membuat kulit lebih lembab, lembut dan berkilau. Namun, madu juga berkhasiat untuk kecantikan wajah termasuk membantu dalam mengatasi masalah jerawat.

Untuk lebih detailnya, berikut dibahas beberapa khasiat dan manfaat madu bagi wajah sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat hampir dialami oleh setiap orang. Punya jerawat membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya apalagi kalau jerawat yang besar, hitam dan bernanah. Madu tidak hanya manis rasanya dan sering dimanfaatkan dalam membuat makanan dan minuman tetapi madu juga bisa membuat wajah lebih manis tanpa jerawat.

Menghaluskan kulit wajah

Mungkin belum familiar bagi Anda tapi madu sering digunakan sebagai masker. Hal ini tidak lain karena madu sangat ampuh menghaluskan wajah. Bagi Anda yang merasa memiliki wajah kasar, tidak ada salahnya untuk mengoleskan madu ke wajah selama 15 menit. Kemudian basuhlah dengan menggunakan air hangat.

Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar membuat sebagian perempuan merasa jelek dan malu. Tak sedikit orang yang membeli produk kosmetik mahal untuk mengecilkan pori-pori mereka. Bagi Anda yang berkantong tipis maupun lebih suka dengan perawatan kecantikan menggunakan herbal, coba oleskan madu ke wajah setiap harinya. Penggunaan madu hampir tanpa efek samping.

Membersihkan wajah

Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya dari madu adalah membantu dalam membesihkan wajah. Sebagian perempuan tidak bisa dipisahkan dengan pemakaian make up. Begitu juga, berada di luar rumah setiap hari juga membuat wajah tidak bisa steril dari debu. Menggunakan masker madu bisa membantu membersihkan dan mengangkat sisa penggunaan kosmetik dan debu yang menempel di wajah.

Melembabkan dan menyegarkan wajah

Madu merupakan herbal yang memiliki tekstur yang sangat lembut. Disamping itu, madu sangat kaya dengan vitamin dan potasium. Vitamin-vitamin tersebutlah yang berperan dalam melembabkan dan menyegarkan kulit wajah. Madu bisa digunakan oleh mereka yang memiliki kulit normal yang cenderung berminyak. Madu juga digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Menyembuhkan luka di wajah

Penggunaan madu untuk menyembuhkan luka mungkin masih jarang orang yang menggunakannya. Namun, banyak pihak yang percaya bahwa madu ampuh dalam membunuh kuman serta bakteri yang menempel di wajah. Tidak lain karena madu mengandung antiseptik.

Peremajaan kulit

Memakai madu sebagai masker juga bisa membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Madu akan menutrisi kulit dengan kandungan vitamin yang dimilikinya. Penggunaan madu secara rutin dipercaya bisa mencegah penuaan dini dan membantu peremajaan kulit.

***

Demikianlah manfaat madu untuk wajah yang perlu Anda ketahui. Cara penggunaan madu untuk kecantikan selain diminum, biasanya dioleskan ke wajah. Ambillah satu sendok teh madu dan campurkan dengan herbal lain yang Anda suka seperti lemon, susu dan tepung. Jika tidak dicampurkan atau hanya madu saja tanpa tambahan zat lain juga lebih baik dan alami.

Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *