4 Cara Efektif Mengusir Lalat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Lalat merupakan serangga yang berasal dari ordo Diptera. Serangga yang memiliki dua sayap ini identik dengan kesan sesuatu yang menjijikkan karena kotor. Berbagai penelitian menemukan bahwa lalat merupakan pembawa penyakit yang cukup berbahaya. Lalat sering hinggap di makanan yang telah busuk, kotoran, bangkai dan sebagainya. Kemudian lalat hingga ke makanan dan minuman. Bayangkan saja berapa bakteri yang dibawa oleh lalat.

Ketika kita memakan dan meminum makanan dan minuman yang telah dihinggapi lalat, kesehatan kita akan terganggu. Oleh karena itu, penting sekali mengusir serangga yang satu ini.Hampir dipastikan tidak ada orang yang senang melihat lalat karena lalat merupakan serangga yang sering membuat kesal. Lalat sangat sulit diusir dan terkesan bandel karena datang lagi, lagi dan lagi.

Nah, selain mengacaukan emosi, menghabiskan waktu dan mungkin juga kecapean memperhatikan lalat hinggap di makanan, sebaiknya coba beberapa tips dan cara efektif mengusir lalat, di bawah ini :

Bersih-bersih

Hal utama yang harus dilakukan adalah bersih-bersih rumah meliputi dapur, kamar mandi, ruang makan dan halaman.

  • Bersihkanlah saluran kamar mandi dan tempat mencuci piring. Jangan sampai ada sisa-sisa makanan tertentu berserakan karena ini akan mengundang lalat berkunjung ke rumah Anda.
  • Buanglah benda seperti plastik, kaleng dan botol yang tidak digunakan. Beberapa dari benda tersebut mungkin masih ada sisa-sisa makanan dan minuman sehingga membuat lalat datang.
  • Jangan membiarkan piring dan alat perlengkapan makan lainnya kotor. Setelah makan sebaiknya langsung dicuci. Jika ditumpuk akan menimbulkan bau yang kurang sedap karena sisa makanan yang ada.
  • Lebih rajinlah mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar rumah dan masukkan ke tong sampah. Buanglah sampah ke tempat pembuangan akhir secara berkala.

Perhatikan kebiasaan

Terkadang lalat datang karena kebiasaan kita yang kurang sehat dan kurang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Membiarkan makanan dan minuman terbuka. Sebaiknya letakkan makanan dalam wadah tertutup.
  • Buang makanan dan buah-buah yang sudah basi.
  • Jika lalat banyak bertebangan dan diketahui dari luar rumah, tutuplah pintu rumah. Jangan membiarkan pintu rumah tetap terbuka lebar karena itu sama artinya dengan mempersilahkan lalat masuk.
  • Jika meracun tikus, sebaiknya memakai cara yang membuat tikus mati di tempat. Kalau tikus mati tidak tahu tempatnya itu akan mengundang lalat datang.

Memakai alat

Sudah lupakan cara lama mengusir lalat dengan menggunakan sapu karena itu menguras energi dan membuat kita rugi waktu. Beberapa yang harus dilakukan adalah :

  • Jika jumlah lalat yang masuk ke rumah banyak sekali dan benar-benar meresahkan, tak ada salahnya menggunakan racun serangga. Di pasaran banyak yang menjual semprotan serangga termasuk lalat. Namun, hati-hatilah dalam menggunakannya. Jangan sampai terkontaminasi oleh zat yang dikandungnya.
  • Jika lalat lalu lalang di sekitar Anda, cobalah untuk menyetel kipas angin. Angin kencang yang berasal dari kipas akan membuat lalat sulit dan kurang nyaman terbang sehingga akan pergi ke tempat lain. Akan tetapi, sebaiknya tidak menaruh kipas angin dekat makanan yang terbuka takut akan dimasuki oleh debu.
  • Cara umum yang dilakukan adalah dengan menyalakan lilin. Mungkin Anda pernah melihat di sebuah acara masak memasak atau di sebuah pesta , mereka menyalakan lilin tidak jauh dari makanan. Ini dimaksudkan untuk mengusir lalat.

Menebar aroma herbal

Terakhir, Anda bisa merendam beberapa potong tanaman dan buah herbal ke dalam air. Beberapa herbal seperti daun pandan, jeruk, lavender dan cengkeh dipercaya bisa mengusir lalat.

***

Sebagai manusia yang dikaruniai kelebihan di banding binatang, manusia memang dituntut lebih kreatif mencari solusi sebuah masalah. Semoga tips di atas membantu dalam mengatasi lalat bandel yang lalu lalang di rumah Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *