4 Resep Camilan Sehat Mudah Dan Murah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Banyak diantara kita yang punya kebiasaan ngemil. Padahal kebiasaan ngemil ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika yang kita makan bukanlah snack-snack sehat. Apa yang kita makan hendaklah memiliki nilai nutrisi yang baik agar tidak mengganggu kesehatan kita di kemudian hari.

Lalu apa yang harus dilakukan jika kita sudah terbiasa ngemil? Yang harus anda lakukan adalah mencari dan membuat cemilan snack sehat. Anda akan tetap bisa ngemil sekaligus memuaskan lidah anda tanpa harus banyak mengkonsumsi zat-zat kimia yang tidak penting dalam tubuh.

Berikut beberapa resep snack sehat yang murah dan mudah dibuat. Silakan dicatat.

1. Garlic Bread

Jika anda di rumah punya stok roti  dan bosan jika hanya dimakan dengan selai, coba buat garlic bread berikut. Anda bisa pakai 2 lembar roti gandum atau lebih, cetakan aneka bentuk atau bisa juga dengan memotongnya menjadi beberapa bagian.  Simpan di wadah, tutup dengan plastik ‘cling wrap’ lalu tusuk2 bagian atas plastik. Letakkan semalam di chiller kulkas atau kulkas bagian bawah.

Setelah itu siapkan olesan (campur butter/margarin, keju parut, bawang putih parut dan daun seledri yang sudah dicincang). Oleskan ke roti yang sebelumnya sudah didiamkan di kulkas. Panggang hingga garing kecoklatan dikedua sisi atau bisa juga dipanggang di teflon. Jika sudah dingin, anda bisa menyimpannya di wadah kedap udara sebagai stock cemilan anda. Rasanya gurih dan crunchy! Asyik dijadikan cemilan pengganti keripik ber-MSG.

Selain membuat garlic bread, anda juga bisa membuat roti tawar manis. Caranya adalah ambil beberapa lembar roti tawar/gandum. Lalu potong menjadi beberapa bagian memanjang. Celupkan ke dalam telur yang sebelumnya sudah dikocok. Goreng dengan minyak (sedikit saja) di teflon. Lalu setelah kuning agak coklat, angkat. Taburkan gula putih ke atasnya. Hmm… rasanya dijamin yummy! Coba saja deh. Pasti ketagihan.

2. Keripik kentang homemade

Anda bisa membuat keripik kentang sendiri lho. Caranya gampang. Cukup iris tipis kentang. Cuci dan tiriskan. Lalu goreng di api panas sampai warnanya berubah kekuningan. Anda bisa tambahkan garam halus sebagai penambah rasa. Hmmm… kriuk-kriuuk.. Jadi deh.

3. Granola bars

Cairkan dua sdm butter atau margarin di penggorengan. Tambahkan sejumput garam, 1/3 cup madu dan 1/3 cup gula merah. Lalu campur rata dengan 2 cups oat, 1 cup kacang-kacangan yang sudah dicincang kasar, buah-buahan kering semisal kismis, dan 2 sdm gandum. Masukkan ke dalam cetakan. Panggang dalam oven 150 derajat celcius  selama 30 menit. Kemudian tinggal anda potong.

4. Eskrim buah rasa coklat

Siapkan buah apel, pisang atau kiwi. Lalu potong-potong.  Tusuk dengan tusukan sate lalu celupkan di DCC (dark cooking cokelat) yang sebelumnya sudah ditim. Langsung masukkan ke freezer. Biarkan dingin. Dan voila! Eskrim buah anda sudah siap dinikmati.  Segar dan enak. Siap dimakan di saat cuaca panas.

**

Bagaimana? Mudah kan. Silahkan anda coba di rumah. Ajak juga anggota keluarga lain untuk bersama-sama membuatnya. Snack yang anda makan pun jadi jauh lebih sehat dan tentunya tetap enak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *