15 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sudah banyak orang mengetahui bahwa minum air putih atau air mineral untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita adalah sebaiknya tidak kurang dari 3 – 4 liter atau sekitar 8 – 10 gelas per hari. Bahkan saat ini banyak diproduksi air beroksigen yang memberi nutrisi lebih untuk tubuh kita.

Selain untuk melepas dahaga dan mencegah dehidrasi atau kekeringan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat air putih atau air mineral untuk kesehatan dan kecantikan.

Secara garis besar, minum air putih yang cukup setiap harinya akan menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penuaan dini.

Tahukah Anda, apa saja sih manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan?

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Di antara beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita yaitu:

1. Melindungi tubuh dari racun, mengurangi resiko kanker usus dan menjaga kesehatan ginjal. Air putih sangat membantu mengeluarkan toksin atau racun, zat penyebab kanker serta zat lain yang tidak berguna dari dalam tubuh melalui urine.

2. Membantu produksi sel tubuh, menanggulangi insomnia dan menjaga kesehatan mata. 2/3 bagian dari tubuh manusia terdiri dari air. Begitu pula produksi melatonin (zat pengatur tidur alamiah) dan kornea mata yang terbentuk dari 80% air. Maka air merupakan unsur terbesar dalam pembentukan sel-sel tubuh.

3. Memperlancar pencernaan dan mendistribusikan gizi dalam tubuh. Minum air putih akan memperbaiki metabolisme dalam tubuh sehingga buang air besar menjadi lebih mudah dan nutrisi pun terdistribusi dengan baik.

4. Memudahkan konsentrasi, mencegah kerusakan otak dan meningkatkan produktifitas. 85% otak manusia terbentuk dari air. Kekurangan air 1% saja akan menimbulkan kerusakan tertentu yang dapat berakibat fatal. Dengan kemampuan otak yang baik maka konsentrasi dan produktifitas pun meningkat.

5. Menambah tenaga dan mencegah badan lemas. Air putih mampu mengatur temperatur suhu tubuh dan membantu produksi energi magnetik sehingga saat melakukan olahraga atau aktivitas lainnya lebih berenergi.

6. Mencegah dan mengobati penyakit hipertensi dan jantung. Air putih melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan menghindari penyumbatan arteri pada jantung, sehingga mengurangi resiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung.

7. Mencegah leukemia. Air putih mampu menormalisasi sistem produksi darah sehingga menghindari penyakit kanker darah.

8. Mencegah osteoporosis dan mengobati sakit kepala. Dehidrasi (kekeringan) menyebabkan tulang kekurangan kalsium yang merupakan cikal bakal penyakit osteoporosis, dan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

9. Mengurangi resiko kram otot. Air putih bermanfaat sebagai pelumas pada otot dan sendi sehingga tidak terjadi kram otot atau nyeri sendi.

10. Meningkatkan kesuburan. Air putih berperan besar pada pembentukan hormon estrogen pada wanita dan testosteron pada pria.

Manfaat Air Putih untuk Kecantikan 

Dan ternyata, air putih tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan lho, tetapi juga untuk perawatan kecantikan. Mau tahu, apa saja manfaat air putih untuk kecantikan? Ini dia:

11. Melangsingkan badan. Dengan minum air putih 10-12 gelas per hari, metabolisme tubuh akan membakar kalori 3% lebih cepat.

12. Membuat rambut lebih indah. Air putih mampu memenuhi nutrisi pada rambut, akar rambut dan kulit kepala.

13. Mencegah bau badan. Dengan terbuangnya racun/toksin dari dalam tubuh melalui air putih, bau badan tak sedap bisa terhindarkan.

14. Mencegah jerawat. Pembentukan sel-sel baru pada kulit wajah dengan banyak minum air putih akan membuat wajah lebih segar, bersih dan bebas jerawat.

15. Menjadikan awet muda. Banyak minum air putih akan menjaga elastisitas kulit dan mencegah kekeringan yang menyebabkan kulit mudah keriput.

**

Yang perlu diperhatikan juga, saat ini banyak lho air putih atau air mineral yang dicampur zat kimia. Anda harus pandai memilih dan hati-hati mengkonsumsi air putih yang benar-benar sehat.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “15 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *