6 Tips Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Seringkali kita mengeluhkan kondisi kulit wajah yang berminyak, karena mudah kusam dan mengkilap, sehingga menurunkan rasa percaya diri. Terutama para remaja yang sedang puber dan mereka yang senang bergaya di depan kamera, selalu memperhatikan penampilan wajah agar terlihat cerah dan halus.

Kulit berminyak juga rawan jerawat, karena kelebihan minyak pada wajah akan menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah, sehingga pori wajah tertutup dan timbullah jerawat.

Sebenarnya kulit berminyak sangat menguntungkan, karena minyak yang diproduksi kulit wajah melindungi kulit dari polusi dan debu yang akan masuk ke dalam pori-pori kulit, dan juga sebagai cairan yang mampu menjaga keremajaan, kekenyalan dan elastisitas kulit sehingga tidak mudah kering dan keriput.

Jadi, yang harus diatasi sesungguhnya adalah meminimalisir penyebab terjadinya kelebihan minyak pada wajah, serta bagaimana mengurangi kelebihan minyak tersebut agar tidak merusak penampilan, bukan membuat wajah menjadi kering.

Mengapa Wajah Anda Berminyak?

Anda perlu mengetahui penyebab kelebihan minyak pada wajah dan sebisa mungkin menghindari hal tersebut, seperti:

  • Makanan berlemak. Makanan yang mengandung banyak lemak akan menyebabkan penimbunan lemak di beberapa bagian tubuh, seperti kulit.
  • Hormon tidak seimbang. Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu ciri pubertas. Wanita dewasa akan memproduksi banyak minyak saat haid.
  • Salah kosmetik. Beberapa alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia dapat memproduksi minyak berlebih dan iritasi pada wajah.
  • Faktor keturunan. Warisan berupa sifat genetik bisa saja menyebabkan seseorang memproduksi minyak berlebih, namun hal ini tetap bisa diatasi.

Tips Perawatan Kulit Wajah yang Berminyak

Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, selain mengurangi makanan berlemak dan menghindari penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dan berganti-ganti, sebaiknya dilakukan perawatan wajah seperti yang diuraikan berikut ini. Yuk kita simak!

1. Mencuci muka. Bersihkan muka dengan sabun ringan setidaknya 2x sehari, khususnya setelah memakai kosmetik dan sebelum tidur. Kemudian, keringkan wajah dengan handuk lembut. Jangan berlebihan mencuci wajah, karena bisa mengikis lapisan kulit wajah dan menjadi bahaya jika terpapar sinar matahari bahkan produksi minyak akan bertambah banyak.

2. Terapi air hangat. Celupkan handuk kecil ke dalam air hangat kukuh yang telah dicampur sedikit garam, usapkan secara perlahan pada wajah. Air hangat akan membuka pori wajah dan garam akan mengangkat kotoran pada wajah.

3. Gunakan krim atau lotion yang bukan berbasis minyak. Menggunakan produk berbasis minyak hanya akan membuat kulit semakin berminyak.

4. Gunakan toner atau astringent berbasis aseton. Aseton dapat membantu menghilangkan minyak pada kulit.

5. Lakukan exfoliate dua kali seminggu.  Gunanya untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tetap cerah dan halus.

6. Memakai masker alami. Masker buatan sendiri atau masker berbasis lumpur/tanah liat baik untuk kulit berminyak karena dapat menyerap minyak berlebih. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan-bahan seperti:

  • Putih telur. Kocok putih telur hingga berbusa. Oleskan ke wajah dan biarkan mengering.  Selanjutnya bersihkan dengan air hangat.
  • Tomat/Timun/Kentang. Iris salah satu dari buah tersebut. Usapkan ke wajah, biarkan kering. Keesokkan harinya usap muka dengan handuk dan air hangat. Setelah itu bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori wajah.
  • Daun Seledri. Didihkan dua gelas air dengan potongan kecil daun seledri. Rebus selama 15-20 menit. Angkat dan dinginkan. Oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga benar-benar meresap. Bilas dengan pembersih muka.

**

Untuk menjaga metabolisme pada tubuh, minumlah minimal 2 liter air putih sehari. Pada saat kegiatan yang ekstra, jika tubuh mengandung banyak air, keringat akan lebih sedikit mengandung minyak.

Semoga Anda lebih percaya diri dengan kulit berminyak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *