6 Tips Melangsingkan Perut Pasca Melahirkan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Menjadi seorang ibu adalah anugerah istimewa bagi seorang wanita. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain hadirnya makhluk mungil yang telah dinanti-nanti sejak sembilan bulan sebelumnya, bahkan mungkin lebih, bagi yang sulit memiliki momongan.

Namun, ada hal yang penting tetapi seringkali dilupakan setelah persalinan selesai, yaitu penampilan. Perut yang semula membuncit kemudian mengempis kembali, tentu mustahil bisa menjadi seperti semula tanpa ada upaya pelangsingan.

Nah, jika Anda menginginkan tubuh khususnya perut Anda kembali langsing setelah melahirkan, yuk kita simak beberapa tips berikut ini!

1. Menyusui. Dengan menyusui atau memberikan ASI pada bayi, setiap harinya Anda bisa mengurangi 5000 kalori dalam tubuh. Selain itu, asupan gizi untuk bayi dapat terpenuhi dengan baik. Berikan ASI eksklusif pada bayi Anda selama 6 bulan untuk hasil maksimal, mencegah alergi pada bayi, serta mengecilkan perut Anda secara alami.

2. Mengatur Pola Makan. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak dan kalori di dalam tubuh Anda. Pilih makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Ikuti menu sehat setelah melahirkan yang bisa Anda dapat dari dokter atau sumber informasi lain yang terpercaya.

3. Banyak Minum Air Putih. Fungsi air putih yaitu membersihkan semua organ di dalam tubuh Anda terutama pada saluran pencernaan dari berbagai macam penyakit dan racun. Proses hidrasi juga bisa membantu melangsingkan tubuh Anda.

4. Memakai Korset atau Stagen. Pemakaian korset atau stagen berlaku bagi ibu yang melahirkan secara normal. Sebelum mengenakan stagen perut diluluri dengan tapel, yaitu campuran kunyit yang diparut dan air kapur. Balurkan ke seluruh permukaan perut kemudian baru mengenakan stagen atau korset.

5. Melakukan Olahraga Ringan. Misalnya senam, latihan otot pada perut dengan cara duduk, berdiri atau berbaring, yaitu mengontraksikan otot perut dan tahan beberapa menit, atau menggunakan shoulder lift (berbaring di atas matras, tekuk kaki, telapak kaki menyentuh lantai, hembuskan nafas, kontraksikan otot perut, angkat kepala dan pundak, tahan beberapa detik, lalu kembali turunkan kepala dan pundak dengan perlahan.

6. Minum Jamu Beras Kencur. Ramuan tradisional dipercaya cukup ampuh untuk mengecikan perut. Karena saat ini banyak sekali jamu yang berbahaya karena sudah dicampur dengan zat kimia, sebaiknya Anda membuat sendiri dengan cara sebagai berikut:

Siapkan bahan-bahan berupa:

  • 3 sdm beras
  • 125 gram gula merah
  • 1 sdm asam jawa
  • 1 butir jeruk nipis
  • 1 lembar daun pandan
  • Jahe dan kunyit secukupnya
  • Garam

Cara membuat:

  • Rendam beras selama 3 jam.
  • Rebus kunyit, jahe, gula merah, daun pandan dan asam jawa dalam 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring.
  • Kunyit, kencur dan jahe yang telah direbus ditumbuk dengan beras sampai halus.
  • Campurkan semua bahan dengan air bekas rebusan sedikit demi sedikit.
  • Aduk hingga rata, kemudian saring dengan kain lembut.
  • Tambahkan perasan air jeruk nipis dan garam secukupnya. Boleh ditambahkan gula pasir jika ingin menambah rasa manis.

**

Ibu dan istri yang peduli penampilan dan selalu berusaha tampil cantik tentunya akan makin disayang oleh suami dan anak-anak tercinta. Jadi, jangan malas mempercantik diri setelah melahirkan ya!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *