9 Perilaku Makan yang Baik untuk Tubuh

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Semua makhluk hidup butuh makan untuk memberi dan menambah energi dalam tubuh serta membentuk sel-sel baru yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan seluruh organ. Terutama manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, yang memiliki segudang aktivitas, membutuhkan makanan secara teratur dan bergizi untuk kelangsungan hidup.

Makanan bukan sekedar nutrisi yang meliputi empat sehat lima sempurna. Pola makan yang meliputi keteraturan waktu makan dan tata cara makan yang baik juga berpengaruh pada proses pencernaan, sehingga makanan yang kita makan tidak sia-sia dan benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda, bagaimana perilaku makan yang baik untuk kesehatan tubuh? Yuk kita intip cara-cara berikut ini!

Makan di Waktu yang Tepat

Jangan menunggu lapar, makanlah sesuai waktunya secara konsisten. Tiga kali makan besar dalam sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan energi dan kalori tubuh kita. Terlambat makan akan menimbulkan penyakit maag atau bahkan penyakit lambung yang lebih kronis.

Sarapan bermanfaat untuk mengisi energi sebelum beraktifitas, makan siang untuk mengganti energi yang sudah dikeluarkan dan menambah energi untuk aktifitas selanjutnya, serta makan malam untuk memberi nutrisi guna pertumbuhan sel-sel selama kita tidur dan agar tidur merasa nyenyak.

Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

Gunanya untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari berbagai penyakit. Walaupun menggunakan sendok, tangan yang kotor bisa mengotori sendok dan piring sehingga mendatangkan penyakit.

Minum Segelas Air dan Buah Sebelum Makan

Minum segelas air 30 menit sebelum makan, dapat membantu fungsi pencernaan dan ginjal. Makan buah atau madu 20-30 menit sebelum makan, sangat baik untuk penyerapan nutrisi, membersihkan organ pencernaan dan mengurangi berat badan.

Makan dan Minum Sambil Duduk

Pada saat duduk, makanan dan minuman akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Makan dan minum berdiri memungkinkan terjadinya luka pada lambung dan dinding usus akibat berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.

Jangan Meniup Makanan dan Minuman Panas

Mikroorganisme serta asam karbonat yang terbawa dalam hembusan tiupan dapat mengkontaminasi makanan atau minuman dan berbahaya bagi pencernaan dan jantung. Biarkan hangat atau dingin secara alami atau dengan kipas.

Menggunakan Tangan (Bukan Sendok)

Pada tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh. Enzim ini akan ikut mengikat pergerakan bakteri hingga ke saluran pembuangan.

Mengunyah Perlahan dan Tidak Makan Berlebihan

Kelebihan muatan bisa menimbulkan robekan pada lambung, penyakit akibat kinerja organ-organ pencernaan yang terlalu berat, serta obesitas atau kegemukan. Terlalu banyak makan juga bisa menyebabkan rasa malas dan mengantuk.

Tidak Mencampur atau Bergantian Alat Makan dengan Orang Lain

Penularan penyakit sangan rentan melalui kuman yang berpindah dari mulut ke mulut lewat sendok, garpu, piring dan gelas yang digunakan secara bergantian.

Minum Air Hangat dan Menggosok Gigi Sesudah Makan

Minum air dingin menyebabkan penggumpalan sari makanan sehingga sulit diserap, sebaliknya air hangat memudahkan penyerapan sari makanan. Menggosok gigi akan membersihkan sisa bakteri pada rongga mulut.

**

Nah, jika Anda mengikuti 9 petunjuk di atas, maka apapun makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan tercerna dengan baik, kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari segala penyakit.

Selamat makan ya!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *