8 Tips Agar Tetap Nyaman Pada Saat Haid

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mengalami haid merupakan saat yang kadang menimbulkan rasa kurang nyaman bagi seorang perempuan. Darah yang keluar setiap saat dan sedikit berbau kurang sedap membuat seorang perempuan kurang percaya diri.

Selain itu, seorang perempuan membutuhkan usaha ekstra untuk menangani darah haid. Bila tidak, haid bisa mengacaukan semua aktivitas. Itulah sebabnya mengapa sebagian perempuan merasa kurang nyaman dan khawatir selama hari-hari haid.

Menstruasi merupakan siklus alami yang akan datang terus setiap bulannya. Haid tidak bisa dihentikan dan tidak mengalami haid justru membahayakan bagi perempuan. Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan bijak menghadapi dan menjalani masa haid agar tubuh tetap nyaman seperti hari-hari lain.

Berikut beberapa tips agar tetap nyaman pada saat haid.

Sering mengganti pembalut

Hal utama yang harus dilakukan ketika haid adalah mengganti pembalut sesering mungkin agar darah haid tidak menumpuk di sekitar organ intim. Jika pembalut sudah terlalu basah dan lembab karena darah, duduk jadi tidak nyaman dan selalu was-was darah haid menembus celana. Jarang mengganti pembalut menyebabkan darah berkumpul dan bisa jadi akan menyebabkan gatal-gatal karena darah haid merupakan darah kotor.

Cuci organ intim dengan baik

Selain dianjurkan sering mengganti pembalut, mencuci organ intim sesering mungkin juga sangat penting. Kadang darah menempel di kulit sekitar organ intim, bila tidak dicuci dengan air darah tersebut akan mengering dan akan semakin berbau.

Sebaiknya daerah organ intim bersih

Sebagian perempuan ada yang suka merawat rambut di sekitar organ intim. Untuk kebersihan organ intim, sebaiknya mencukur rambut secara teratur. Hal ini akan berpengaruh pada saat haid. Jika rambut di sekitar organ intim tidak pernah dicukur atau panjang, darah haid akan mudah menempel dan ini akan menimbulkan rasa kurang nyaman.

Tidak memakai celana dalam yang ketat

Sebagian perempuan mengalami nyeri perut dan pinggang pada masa haid. Memakai celana dalam yang ketat akan membuat daerah sekitar pinggul, pinggang dan organ intim akan tertekan. Celana ketat hanya akan menambah ketidaknyamanan pada masa haid.

Pakai pembalut yang lebih panjang dan besar malam hari

Salah satu hal yang sering membuat sebagian perempuan kesal adalah darah haid yang tumpah di tempat tidur atau menembus pakaian. Gaya tidur akan mempengaruhi darah haid. Mereka yang memiliki gaya tidur kurang normal, darah haid bisa saja mengalir ke luar pembalut. Untuk itu perlu pembalut yang lebih panjang dan besar saat tidur agar darah haid tidak mengalir kemana-mana.

Memakai wangi-wangian

Darah haid kadang begitu menyengat. Meskipun sudah memakai pembalut dan menggantinya berkali-kali, tetap saja tercium baunya pada saat duduk. Untuk menghilangkan bau yang kurang sedap tersebut, sebaiknya semprotkan parfum pada pakaian bagian luar dan oleskanlah lotion di sekitar pinggang dan paha. Jangan menyemprotkan parfum ke organ intim karena tindakan ini dikhawatirkan akan merusak organ intim.

Makanan dan minuman penambah darah

Pada saat haid, seorang perempuan sering terlihat letih dan pucat. Hal ini disebabkan karena darah mereka terus keluar. Tak diragukan lagi perempuan kehilangan sejumlah darah pada masa haid. Sebaiknya, konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung zat besi untuk menambah darah agar tetap normal.

Bawa perlengkapan cadangan

Bagi perempuan yang beraktivitas di luar rumah, sebaiknya bawa beberapa pembalut dan celana dalam tas. Bila darah haid banyak keluar dan menembus pakaian, Anda bisa menggantinya.

Haid merupakan persoalan yang tidak bisa dipisahkan dari seorang perempuan. Menjadi seorang perempuan belumlah lengkap tanpa haid. Oleh karena itu, setiap perempuan harus memiliki strategi dalam menghadapi berbagai kemungkinan buruk yang ditimbulkan oleh haid.

Semoga tips di atas bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *