Tips dan Cara Mencegah dan Mengobati Sariawan

SariawanSariawan biasanya muncul dengan tiba-tiba tanpa kita ketahui penyebab terlebih dahulu. Sariawan ditandai dengan bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan atau permukaan lidah tampak putih. Jika pada rongga mulut terlihat kemerahan dan perih jika tersentuh sesuatu berarti itu pertanda sariawan.

Obat sariawan biasanya dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C tapi pemakaian suplement vitamin C terkadang kurang efektif. Faktanya adalah kadang kita meminum sudah berbutir-butir tapi belum memberikan efek yang manjur.

Penyakit sariawan bukan penyakit menular namun demikian jangan menganggap remeh jika terkena sariawan. Sariawan dapat mempengaruhi kesehatan lainnya karena pada saat kita terkena sariawan sudah pasti nafsu makan berkurang, badan lesu, kurang semangat kerja sehingga keseimbangan kesehatan dapat terganggu.

Untuk mengobati sariawan, kita dapat menggunakan ramuan tradisional alami yang masih dipercaya sangat manjur hingga sekarang ini.

Berikut ini adalah tips dan cara mengobati sariawan yang bisa Anda buktikan khasiatnya:

  1. Obati sariawan dengan air garam. Gunakan air garam sebagai obat kumur untuk memudahkan penyembuhan sariawan anda.
  2. Obati sariawan dengan getah jarak
  3. Minum air kelapa muda agar panas dalam sebagai pemicu sariawan segera hilang
  4. Minum yogurt
  5. Berkumur dengan air rebusan kunyit mentah
  6. Berkumur dengan rebusan daun jambu biji
  7. Minum madu setiap pagi dan sore hari
  8. Mengunyah daun sirih

Selain pengobatan sariawan secara alami yang dijelaskan di atas, yang tidak kalah penting adalah mencegah datangnya sariawan. Berikut ini adalah cara mencegah sariawan yang dapat Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin A, B dan vitamin C
  • Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang masih panas atau terlalu dingin
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak

Selain itu, dengan mengenali gejala sariawan, kita dengan mudah mengambil tindakan untuk mengobatinya secara cepat dan tepat. Obat sariawan yang manjur adalah dengan menggunakan resep alami, tetapi mencegah datangnya sariawan jauh lebih baik dari pada cara pengobatan apapun.