8 Tips Melindungi Kulit Dengan Sunblock

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain memberikan manfaat bagi kecantikan dan kesehatan, cahaya matahari juga bisa menimbulkan kerusakan pada kulit.

Kulit yang terpapar cahaya matahari dalam jangka panjang bisa berubah warna menjadi gelap, timbul flek hitam, menjadi kusam, kanker dan penuaan yang lebih cepat.

Tentunya tidak ada orang yang menginginkan hal buruk terjadi pada kulitnya. Untuk itu diperlukan usaha untuk menjaga agar kulit tetap terlindungi yaitu dengan memakai sunblock. Terlebih bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu beraktivitas di luar.

Sunblock tidak hanya digunakan pada musim panas tetapi juga pada musim hujan. Meskipun musim hujan bukan berarti sinar matahari tidak ada sama sekali.

Namun, menggunakan sunblock juga tidak bisa asal. Harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar benar-benar bermanfaat bagi kulit. Meskipun pada dasarnya sunblock memiliki banyak khasiat tapi kesalahan dalam memakai sunblock bisa berakibat buruk pada kulit.

Nah, yuk simak tips berikut ini agar sunblock bekerja efektif pada kulit Anda.

Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebagian orang langsung menggunakan sunblock tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Jika wajah dalam keadaan kotor dan make up yang sebelumnya dipakai belum dibersihkan, dikhawatirkan bisa menghambat kinerja sunblock pada kulit. So, bersihkan wajah terlebih dahulu agar sunblock lebih terasa manfaatnya.

Pilih sunblock sesuai kulit

Sunblock itu beragam jenisnya. Oleh karena itu, hal terbaik adalah menyesuaikan jenis sunblock dengan jenis kulit agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika Anda memiliki kulit normal dan kering dianjurkan memakai sunblock krim. Untuk kulit berminyak bisa menggunakan sunblock berbentuk lotion.

Sunblock berbentuk lotion mengandung sedikit minyak dan tidak menimbulkan komedo karena tidak menutup pori-pori. Jenis ini juga cocok untuk kulit normal. Selain itu, bagi yang kulit berminyak juga bisa menggunakan sunblock berbentuk gel dan sunblock berbentuk spray.

Hati-hati membeli sunblock

Kehati-hatian dalam memilih dan membeli sunblock juga berperan penting dalam melindungi kulit. Hindarilah membeli produk sunblock yang terbuat dari bahan kasar dan bahan berbahaya.

Tidak semua merek sunblock bagus untuk kulit. Sebagian sunblock bisa menyebabkan komedo, iritasi bahkan kanker. Belilah sunblock yang mengandung anti oksidan, tidak kadaluarsa dan tahan air.

Perhatikan waktu penggunaan

Penggunaan sunblock sebaiknya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Pakailah sunblock 30-60 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

Pemakaian sunblock tidaklah sekali saja tapi digunakan minimal 2 jam sekali bila Anda beraktivitas ekstra di luar ruangan. Jika berenang di pantai sebaiknya pakai sunblock sekali 1 jam karena sinar matahari di pantai begitu menyengat.

Porsi yang cukup

Ada orang yang memakai sunblock dalam jumlah yang sangat sedikit untuk berhemat dan ada juga yang terlalu banyak mengoleskan sunblock karena beranggapan semakain tebal semakin bermanfaat. Gunakanlah sunblock dalam jumlah yang cukup. Tidak sedikit dan tidak terlalu banyak.

Sesuaikan tingkat SPF

Setiap produk sunblock mengandung SPF ( Sun Protection Factor) yang berbeda satu sama lain. SPF itu sendiri juga memiliki berbagai tingkatan dan pemanfaatnya juga tergantung pada setiap tingkatnya.

Ada SPF 15, SPF 30, SPF 35, SPF 50 dan sebagainya. Untuk Anda yang aktif di luar ruangan, SPF 30 merupakan SPF standar yang bisa digunakan.

Oleskan secara merata

Untuk mencapai hasil yang maksimal, jangan mengoleskan sunblock pada satu area saja. Gunakan secara merata dalam waktu yang bersamaan pada daerah wajah, belakang telinga, leher, tangan dan sebagainya.

Pelengkap lainnya

Sebaiknya jangan hanya mengandalkan sunblock 100 % untuk melindungi kulit Anda. Anda juga harus lebih aktif seperti menghindari memakai baju yang memperlihatkan kulit Anda karena bisa langsung tersengat cahaya matahari. Selain itu, juga bisa membawa paying, kaca mata, topi dan sebagainya.

**

Demikianlah tips melindungi kulit dengan memakai sunblock. Semoga bermanfaat. Selamat bersenang-senang beraktivitas di bawah sinar matahari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *