8 Vitamin Penting Untuk Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tidak ada seorang pun yang menyukai rambut rontok, tipis, beruban dan tidak hitam. Baik laki-laki maupun perempuan, keduanya sama-sama mengidamkan rambut yang indah, sehat dan kuat. Sama seperti organ tubuh lain, rambut secara khusus juga membutuhkan beberapa nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, sebagian besar kita tidak menyadari hal ini.

Selama ini banyak yang menganggap rambut akan tumbuh sendiri dengan baik. Padahal, apa yang kita makanlah yang mempengaruhi baik atau tidaknya rambut. Sebaiknya Anda mulai memperhatikan apa yang Anda konsumsi agar impian memiliki rambut indah terwujud.

Nah, jangan lupa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral di bawah ini.

Zinc

Mungkin Anda pernah melihat iklan shampo yang menyebutkan tentang kandungan zinc. Hal ini wajar karena zinc memang sangat berpengaruh bagi rambut. Rambut yang makin tipis, rontok setiap hari dan botak bisa ditanggulangi dengan zinc. Zinc ini bisa ditemukan dalam makanan seperti kacang, udang, daging dan sebagainya. Zinc berfungsi menguatkan rambut sampai ke akarnya sehingga tidak mudah rontok.

Folic Acid

Folic Acid dikenal juga dengan sebutan asam folat atau vitamin B9. Asam ini sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Selain bermanfaat untuk kulit dan kesehatan, asam folat juga membantu pencegahan munculnya uban dan rambut rontok. Asam folat ini terkandung dalam alpukat, papaya, jeruk, kentang, jagung, bayam, roti, hati sapi an sebagainya.

Biotin

Dalam dunia kesehatan manfaat biotin tidak diragukan lagi. Biotin bisa membantu mengatur gula darah, menurunkan berat badan dan metabolism energi. Tak hanya itu, biotin juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Yodium

Bila rambut rontok terus, hal ini terkadang bukan disebabkan oleh penggunaan shampo. Mungkin Anda kekurangan berbagai vitamin seperti yodium. Jika tubuh kekurangan yodium, rambut bisa rontok. Semakin kekurangan yodium, akan semakin rontok. Beberapa makanan yang mengandung yodium yaitu garam, seafood dan buah-buahan.

Selenium

Zat lain yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut adalah selenium. Sebenarnya, selenium ini merupakan senyawa non logam yang berfungsi penting untuk tubuh. Namun, selenium juga diyakini sebagai zat yang menghambat terjadinya ketombe. Beberapa makanan yang mengandung selenium yaitu ayam, nasi, udang, telur, ikan sarden, roti dan sebagainya.

Zat Besi

Zat besi biasanya dikenal sebagai zat penambah darah. Ternyata tak sedikit ahli kesehatan yang meyakini bahwa zat besi juga bisa membantu pertumbuhan rambut. Hubungan antara zat besi dengan masalah rambut terkait sirkulasi darah. Bila zat besi yang terdapat di tubuh bagus, sirkulasi darah juga bagus dan bisa mencapai ke akar rambut. Diantara makanan yang mengandung zat besi yaitu bayam, daun singkong, biji-bijian, daging, kuning telur, sawi dan sebagainya.

Protein

Untuk memiliki rambut yang tebal dan kuat, juga dibutuhkan protein yang cukup. Kita membutuhkan protein untuk menjaga agar rambut tidak mudah patah dan rontok. Kekurangan protein juga dipercaya dapat membuat warna rambut berubah. Ayam, tahu, kangkung, kuning telur, susu, ikan dan daging merupakan beberapa makanan yang mengandung protein.

Belerang

Belerang yang dikenal dengan istilah sulfur ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Ternyata, belerang juga digunakan untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Belerang akan mengurangi rasa gatal akibat ketombe karena bekerja dari batang rambut hingga kulit kepala. Tak heran bila sekarang beberapa shampo anti ketombe mulai menggunakan belerang. Makanan seperti susu, daging, keju dan telur merupakan beberapa makanan yang mengandung belerang.

**

Demikianlah beberapa vitamin penting untuk nutrisi rambut yang perlu Anda konsumsi. Selamat menjaga kecantikan rambut.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *