Mengenal Manfaat Buah, Kulit dan Daun Salak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Banyak orang mengatakan bahwa makan salak bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Banyak orang yang menghindari salak karena alasan tersebut, selain karena malas membuka kulitnya yang tajam dan bisa melukai jari tangan, serta rasanya yang tidak semanis buah-buahan lain yang mengandung air.

Sebenarnya salak sebagai salah satu jenis buah juga mengandung nutrisi penting dan mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Bahkan kulit salak dan daun salak ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.

Jika Anda belum mengetahui apa saja kandungan gizi dalam buah salak dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, silakan Anda simak!

Kandungan Gizi Buah Salak

Setiap 100gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kkal, protein 0,8 gr, karbohidrat 90,3 gr, lemak 0,4 gr, kalsium 38 mg, fosfor 31 mg, zat besi 3,9 mg, dan vitamin C 8,4 mg.

Manfaat Buah Salak

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari buah salak yaitu:

Meningkatkan Kecerdasan Otak. Salak mengandung kalium dan pottasium yang dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom sebagai pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya.

Menjaga Kesehatan Mata. Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata. Kandungan betakaroten buah salak 5,5 kali lebih besar daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka.

Mencegah Sembelit. Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo, sebaiknya ketika mengkonsumsi buah salak jangan dibuang kulit arinya, karena kulit ari tersebut mengandung serat yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit.

Mengobati Diare. Tanin dalam buah salak bermanfaat untuk mengatasi masalah diare. Salak mempunyai serat yang tinggi sehingga mampu mengobati diare. Caranya adalah dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.

Membantu Program Diet. Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan mengenyangkan lebih lama, sehingga dapat menghindarkan Anda untuk makan dengan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh aAda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Mencegah Kanker Prostat. Pektin dalam buah salak memiliki potensi mencegah dan mengobati kanker prostat, dengan cara menghambat reproduksi sel kanker, serta menurunkan risiko terjadinya apoptosis, yaitu sel yang memprogram kematiannya sendiri.

Manfaat Daun Salak

Selain buahnya, daun salak juga memiliki manfaat yaitu untuk mengobati penyakit ginjal dan ambeien, caranya adalah:

Untuk mengobati penyakit ginjal kronis: Pada penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung ditemukan bahwa daun salak dapat digunakan untuk mengobati penyakit ginjal kronis. Hasil penelitian menunjukan ekstrak air daun salak dapat membantu pemulihan ginjal dengan dosis 260 mg/kg bb selama 7 hari berturut-turut.

Untuk mengobati ambeien: Ambil 5 lembar daun salak, lalu rebus daun salak tersebut dengan 2 gelas air berukuran sedang, campurkan air rebusan daun salak dengan gula merah. Saring air rebusan tersebut, minum ramuan ini minimal 2 kali sehari.

Manfaat Kulit Salak

Dan ternyata, tidak hanya buah dan daunnya saja yang bisa dimanfaatkan, melainkan kulit salak yang biasanya kita buang dan kadang melukai jari tangan saat mengupasnya, juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan diabetes kering dan menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh.

Caranya adalah dengan mengupas l kulit buah salak secukupnya, cuci dengan air hingga bersih, masukkan kulit buah salak tersebut ke dalam panci berisi air, lalu rebus hingga mendidih. Saring air rebusan dan kemudian dinginkan lalu diminum. Minum ramuan ini minimal 3 kali sehari, dan lakukan secara rutin selama 2 minggu berturut-turut.

**

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan, manfaat buah, daun dan kulit salak? Jadi, jangan sepelekan buah salak ya!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *