Cara Mencuci Tangan Yang Baik Dan Benar

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tahukah Anda, bahwa dengan mencuci tangan maka Anda bisa mencegah berbagai penyakit, termasuk jerawat? Tangan adalah bagian tubuh kita yang paling banyak melakukan pergerakan. Memegang, menggaruk, makan, mencuci, mengetik, melipat, mengusap, dan lain sebagainya, semua dikerjakan oleh tangan.

Karenanya, tangan bisa menjadi media perpindahan kuman dan bakteri dari satu tempat ke tempat lainnya, terutama ke bagian tubuh yang lain seperti kulit dan mulut. Jika kebersihan tangan tidak terjaga, maka tangan kita bisa menjadi sumber penyakit.

Tanpa kita sadari, tangan yang sudah menyentuh berbagai macam benda ternyata terkontaminasi kuman dan bakteri, sehingga ketika tiba-tiba harus mengusap keringat di wajah maka tertinggallah bakteri tersebut di wajah kita dan kemudian menimbulkan jerawat.

Itu hanyalah salah satu contoh. Belum lagi bagian tubuh lain seperti hidung dan mulut, yang akhirnya berakibat pada penyakit saluran pernafasan dan pencernaan.

Biasakan Mencuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah melakukan sesuatu sebaiknya dilakukan agar kita terhindar dari segala jenis penyakit yang bersumber dari virus dan bakteri.

Kapan kita harus mencuci tangan? Yaitu pada saat:

  • Sebelum dan sesudah masak atau menyiapkan makanan, makan (walaupun makan menggunakan sendok), mengobati luka, mengurus orang sakit, menjenguk orang sakit, melakukan operasi (bagi para dokter dan perawat), serta masuk dan keluar kelas (khususnya anak-anak kecil yang daya tahan tubuhnya kurang).
  • Sebelum memegang bayi, memakai atau melepaskan lensa kontak, mencuci wajah, menggunakan masker di wajah maupun rambut, dan tidur.
  • Sesudah bepergian, menggunakan kamar mandi (buang air kecil dan besar), mengganti popok, menyentuh binatang peliharaan beserta perlengkapannya, seta mengurus rumah tangga (menyapu, mengepel, membersihkan tempat sampah, berkebun, dan lain sebagainya).

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Kondisi tangan yang basah mudah sekali menyebarkan bakteri. Diperkirakan bahwa 1 dari 6 penduduk Amerika tertular penyakit melalui makanan setiap tahunnya, karena terkontaminasi norovirus yang merupakan virus yang sering dikaitkan dengan kebersihan tangan yang buruk.

Menggunakan hand sanitizer bukanlah solusi terbaik, karena zat kimia pada formula komposisinya tidak menjamin tangan menjadi bersih total, melainkan justru sebaliknya, bisa menambah senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh. Gunakan hand sanitizer hanya jika tidak ada air bersih di sekitar Anda.

Agar tangan kita bersih dan terbebas dari segala penyakit, sebaiknya ikuti tips mencuci tangan yang benar, yaitu:

  • Basah itangan dan pergelangan dengan air yang mengalir.
  • Tuangkan sabun secukupnya ke telapak tangan (jangan terlalu banyak, karena akan menghabiskan banyak air saat membilasnya).
  • Gosokkan sabun di antara kedua telapak tangan berkali-kali selama 15-20 detik hingga menghasilkan busa secukupnya. Gosok semua permukaan tangan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, telapak tangan, sela-sela jari, dan bagian bawah kuku.
  • Bilas kembali dengan air mengalir sampai benar-benar bersih.
  • Keringkan tangan menggunakan alat pengering, handuk, atau tisu.

Akan lebih baik jika Anda juga menyabuni keran air dan membilasnya, karena keran air juga bisa menjadi sarang bakteri setelah berkali-kali disentuh oleh tangan-tangan kotor. Begitu pula dengan handuk atau lap yang digunakan untuk mengeringkan tangan, tidak bisa dijamin kebersihannya. Lebih baik gunakan tisu yang segera dibuang ke tempat sampah tertutup.

**

Jika Anda berada di perjalanan atau tempat lain di mana Anda sulit mencuci tangan, pastikan Anda selalu menyediakan tisu yang higienis agar wajah Anda tidak tersentuh tangan yang belum bersih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *