Jenis Pembersih Wajah dan Tips Memilih Sesuai Jenis Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Membersihkan wajah merupakan ritual wajib yang dilakukan sebagian besar orang khususnya kaum wanita, setelah ber-make up, pulang dari bepergian dan sebelum tidur.

Membersihkan wajah berguna untuk menghilangkan kotoran dan sisa riasan pada wajah serta mengangkat sel kulit mati agar wajah kembali bersih, segar dan terhindar dari jerawat.

Banyaknya jenis dan merk produk pembersih wajah memang membingungkan.

Sebagian besar orang lebih menyukai pembersih wajah yang praktis seperti sabun cair atau foam (busa), tetapi ada yang berpendapat bahwa dua langkah pembersihan akan memberikan hasil yang maksimal, yaitu dengan milk cleanser yang dilanjutkan dengan face tonic.

Macam-macam Pembersih Wajah

Sebelum Anda menentukan pembersih wajah mana yang cocok untuk kulit wajah Anda, sebaiknya Anda mengenal beberapa macam pembersih wajah berikut ini.

  1. Glycerine Soaps/Cleansing Bars. Yaitu sabun wajah yang berupa sabun batangan. Pilihlah sabun yang mengandung pelembab/moisturizer. Sabun transparan juga dapat digunakan karena tidak mengandung deterjen.
  2. Foaming Cleansers. Bisa digunakan untuk kulit yang lebih membutuhkan perawatan intensif.
  3. Facial Scrub. Pembersih wajah ini bisa mengangkat sel kulit mati agar kulit wajah tidak kusam dan menjadi lebih berkilau. Namun, jenis pembersih ini tidak boleh digunakan setiap hari, karena akan menyebabkan kulit menjadi kering.
  4. Cream Cleansers. Krim pembersih tidak hanya membersihkan, melainkan juga melembabkan kulit wajah. Ketika menggunakan krim pembersih, diamkan sebentar agar meresap, kemudian bersihkan wajah dengan kapas atau tisu.
  5. Toners (Penyegar). Face Toner digunakan setelah kulit wajah dibersihkan dengan sabun, krim, atau foam. Sebaiknya pilih yang bebas alkohol agar kulit tidak menjadi kering.
  6. 2 in 1 Cleansers (Pembersih dan Penyegar). Pembersih jenis ini lebih praktis, berbentuk cair dan mengandung pembersih sekaligus penyegar.

Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Setelah mengenal macam-macam pembersih wajah, barulah Anda pilih yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Tentunya Anda sudah sangat faham jenis kulit wajah Anda, bukan?

1. Kulit Normal. Kulit yang mulus, berpori kecil dan kadar minyak serta air yang seimbang, tidak sulit merawat jenis kulit ini. Cukup gunakan cleanseryang sifatnya soap-free atau produk pembersih yang pH-nya netral.

2. Kulit Kering. Faktor panas, udara dingin AC dan jarang minum air putih dapat membuat kulit menjadi kering. Supaya tidak semakin kering, hindari pembersih jenisfoam, dan sebaiknya pilih jenis cleanser yang lembut dan yang mengandung butiran scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Kulit kering juga mudah berkeriput dan mengalami penuaan, untuk itu gunakan pembersih yang mengandung bahan anti-aging.

3. Kulit Berminyak. Kulit berminyak biasanya sangat mudah berjerawat. Gunakanlah pembersih khusus untuk kulit berjerawat yang bisa mengangkat sel kulit mati dan menurunkan kadar minyak pada kulit. Hindari pembersih berupa bar soap dan yang mengandung parfum.

4. Kulit Sensitif. Karena mudah alergi, untuk kulit sensitif sebaiknya pilih pembersih yang mengandung bahan-bahan alami untuk menghindari reaksi sensitif pada kulit.

**

Nah, sekarang Anda sudah bisa menentukan pembersih wajah mana yang cocok untuk kulit wajah Anda. Jangan mudah tergiur iklan, karena belum tentu hasilnya memuaskan. Dan jangan lupa juga, bersihkan tangan Anda sebelum membersihkan wajah.

Selamat membersihkan wajah!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *