Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Hamil sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan terutama hamil anak pertama.

Mengetahui kehamilan bukanlah akhir tapi awal perjalanan. Seorang wanita harus menjaga kehamilan itu dengan baik agar buah hati bisa lahir dalam keadaan normal.

Salah satu hal penting terkait kehamilan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Makanan dan minuman juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan keselamatan kandungan.

Terkadang sebagian ibu hamil kurang peduli dengan makanan yang dimakan sehingga berpengaruh buruk pada bayi dalam kandungan dan membahayakan kehamilan. Dampaknya bisa dirasakan dalam waktu cepat maupun lambat tergantung masalah yang dihadapi.  

Nah, agar kehamilan tetap terjaga hingga melahirkan dan anak juga sehat, sebaiknya Anda selalu memperhatikan makanan dan minuman berikut ini :

Makanan yang tidak dicuci

Makanan dan sayuran yang kelihatan bersih belum tentu benar-benar bersih. Oleh karena itu, setiap buah dan sayur harus selalu dicuci berkali-kali.

Ini perlu dijaga untuk menghindari infeksi baik karena zat kimia yang mungkin disemprotkan ke sayur atau buah maupun karena virus dan bakteri.

Makanan berbahan pengawet

Di zaman sekarang, bermunculan berbagai teknologi untuk mengawetkan makanan. Sebagian makanan berpengawet memang tidak masalah karena memakai zat yang diperbolehkan dan jumlah yang normal.

Namun, ada sebagian bahan berpengawet yang dilarang dan tidak boleh digunakan melebihi batas yang ditentukan.

Tetaplah waspada dengan makanan yang berbahan pengawet. Untuk lebih amannya, konsumsi makanan dan minuman yang tanpa pengawet saja.

Makanan dan minuman yang memberi efek panas

Beberapa makanan dan minuman bisa mempengaruhi perut seperti menimbulkan panas. Buah nenas dan durian diyakini mengandung zat yang bisa membuat perut lebih panas sehingga menganggu kehamilan. Semakin banyak dikonsumsi, akan semakin buruk efeknya.

Makanan tidak dimasak dan setengah masak

Makanan yang mentah tidak selalu baik untuk kesehatan. Memang tidak semua makanan yang harus di masak. Beberapa buah-buahan memang disantap dalam keadaan mentah sehingga harus terjamin kebersihannya.

Namun, untuk makanan tertentu, sebaiknya di masak sampai matang seperti daging dan telur.

Jika tidak di masak dan setengah masak, dikhawatirkan ada bakteri terkandung di dalamnya. Kalau di makan akan terbawa ke dalam tubuh dan mempengaruhi kandungan.

Makanan terkontaminasi zat berbahaya

Apakah Anda pernah mendengar tragedi Minamata di Jepang? Tragedi ini merupakan salah satu kejadian yang memilukan dan menyita perhatian masyarakat di seluruh dunia.

Pada masa itu, masyarakat tidak menyadari kalau mereka telah mengkonsumsi air serta makanan yang terkontaminasi oleh limbah yang mengandung zat berbahaya.

Beberapa ibu hamil melahirkan anak yang tidak normal karena makanan yang dimakannya telah terpapar merkuri. Merkuri terbawa dari ikan yang dimakan. Tidak semua ikan dan makanan yang terkontaminasi zat berbahaya, oleh karena itu selektiflah.

Makanan dan minuman mengandung kafein dan alkohol

Hindarilah minuman seperti kopi. Jangan mengkonsumsi berlebihan. Begitu juga dengan minuman beralkohol.

Kafein dan alkohol diyakini oleh para ahli kesehatan bisa berpengaruh buruk pada perkembangan janin. Begitu juga dengan rokok. Jangan rokok, terhirup asap rokok saja sudah berbahaya.

 **

Menjaga kehamilan memang tidak mudah. Ibu hamil harus menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman sebagaimana yang disebutkan di atas.

Bagaimana pun ini adalah untuk buah hati dan kesehatan diri Anda sendiri.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *