Tips dan Cara Menjernihkan Mata Secara Tradisional

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mata yang kurang jernih dan terlihat tidak bercahaya tentu akan mempengaruhi penampilan seseorang secara keseluruhan. Apalagi mata merupakan jendela hati sehingga harus terlihat jernih.

Mata biasanya memang terlihat kurang indah bila sorot mata dan warna bola mata tidak jernih. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor di antaranya adalah mata yang terlalu lelah membaca atau bekerja lama di depan komputer.

Selain itu, terkena benda asing yang dapat menyakiti mata, kotor karena tidur, iritasi, atau bahkan karena kurang tidur juga bisa menyebabkan bola mata menjadi tidak jernih.

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini, Anda tentu ingin memiliki mata yang jernih. Untuk mendapatkan mata yang jernih, Anda tidak harus menggunakan obat tetes mata yang mahal dan terbuat dari bahan kimia yang berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa alternatif cara menjernihkan mata secara tradisional menggunakan bahan – bahan alami yang sudah terbukti ampuh dan cocok untuk semua jenis mata.

Bunga Melati

Nenek moyang kita memiliki banyak cara untuk menjaga agar mata selalu bersih. Salah satu bahan herbal yang sering digunakan untuk menjernihkan mata adalah bunga melati.

Di China, tanaman bunga ini disebut dengan mo li hua. Tanaman bunga melati dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 3 m. Dalam pengobatan tradisionak, tidak hanya bunganya saja yang dapat dimanfaatkan tetapi juga akar dan daunnya.

Untuk menjernihkan mata dengan bunga melati, siapkan segenggam bunga melati yang masih segar. Rendam dalam segelas air dingin yang sudah masak. Diamkan selama semalaman kemudian saring airnya.

Gunakan air saringan bunga melati tadi untuk merambang mata. Lakukan tips ini dua kali sehari yaitu pagi dan sore setiap hari sehingga mata terlihat jernih dan cemerlang.

Air Serai

Cara menjernihkan mata secara tradisional berikutnya adalah menggunakan serai. Air serai memiliki sifat anti radang.

Untuk membuatnya siapkan batang serai yang telah dicuci bersih. Setalah itu rebus serai tersebut pada 2 gelas air. Rebus sampai mendidih dan tunggu sampai dingin. Gunakan air rebusan serai tadi untuk mencuci mata.

Daun Miana

Daun miana atau yang juga biasa disebut dengan daun jawer kotok, daun ati – ati, atau daun kentangan ini ternyata berkhasiat untuk menjernihkan mata yang merah.

Caranya, siapkan lima lembar daun miana yang berwarna merah kehitaman. Cuci bersih dan rebus daun tersebut dengan segelas air. Tunggu sampai mendidih dan tinggal setengahnya. Anda dapat meminum air rebusan daun miana tersebut.

Cara lain yang dapat digunakan adalah mengompres mata dengan daun miana. Caranya siapkan selembar daun miana. Cuci bersih dan remas dengan tangan. Tempelkan remasan daun tersebut pada mata yang merah.

Mengkonsumsi Wortel

Tidak perlu diragukan lagi bahwa wortel merupakan salah satu makanan yang paling bermanfaat untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel secara teratur akan membuat mata menjadi jernih.

Kelinci dikenal memiliki mata yang jernih karena gemar makan wortel. Hal ini tidak salah karena wortel banyak mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan mata.

Anda dapat memasukkan wortel ke dalam menu makanan harian Anda atau mengolahnya menjadi jus. Caranya, siapkan 2 buah wortel berukuran besar. Parut dan tambahkan dengan setengah gelas air mineral. Saring dan minum sari wortel tersebut. Jika diminum secara teratur, niscaya mata Anda akan lebih jernih dan sehat.

***

Demikian beberapa cara menjernihkan mata secara tradisional. Anda dapat memilih salah satu cara di atas untuk menjernihkan mata Anda. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Menjernihkan Mata Secara Tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *