9 Mitos Dan Fakta Seputar Diabetes

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tidak sedikit anggapan yang kurang tepat mengenai diabetes beredar di masyarakat. Hal tersebut ikut mempengaruhi cara penanganan yang kurang tepat pula. American Diabetes Association, melalui situs diabetes.org menguraikan beberapa mitos dan fakta tentang diabetes.

Untuk uraian yang lebih lengkap lagi bisa anda ketahui juga dari buku Diabetes A to Z, Sixth Edition yang dipublikasikan oleh American Diabetes Association.

Mitos Dan Fakta Seputar Diabetes

1. Mitos : Diabetes bukan penyakit serius

Fakta : Dalam setahun, kematian yang disebabkan penyakit diabetes lebih banyak dibandingkan     dengan kanker payudara dan AIDS.

2. Mitos : Orang dengan kategori berat badan overweight pada akhirnya pasti terkena diabetes (Tipe 2).

Fakta : Overweight memang salah satu faktor yang memicu diabetes, namun ia tidak berperan sendiri, faktor lain seperti riwayat diabetes dalam keluarga, etnic dan usia merupakan faktor yang berkombinasi dengan berat badan. Sayangnya, masyarakat pada umumnya melupakan faktor lain tersebut dan mengganggap masalah berat badan itu adalah faktor tunggal. Kebanyakan orang dengan kategori berat badan overweight tidak mengidap diabetes (Tipe 2) dan banyak orang dalam kategoori berat badan normal yang justru menderita diabetes.

3. Mitos : Mengonsumsi terlalu banyak gula akan menyebabkan diabetes

Fakta : Tidak sesederhana itu. Diabetes (Tipe 1) disebabkan faktor genetik dan faktor-faktor yang belum diketahui yang memicu penyakit. Diabetes (Tipe 2) disebabkan faktor genetic, gaya hidup dan masalah berat badan. Dalam kaitannya dengan gula, American Diabetes Association merekomendasikan anda untuk menghindari minuman-minuman mengandung gula seperti : minuman bersoda, minuman berenergi, Fruit punch, teh manis dan minuman mengandung gula lainnya. Dalam satu kali konsumsi saja, minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan glukosa darah dan mengandung ratusan kalori.

Coba anda perhatikan :

  • Satu minuman bersoda (dalam kemasan kaleng) mengandung sekitar 150 kalori dan 40 grams karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang sama terdapat dalam 10 sendok gula (sendok the).
  • Segelas fruit punch and minuman sari buah mengandung gula lainnya mengandung sekitar 100 kalori (atau lebih) dan 30 grams karbohidrat.

4. Mitos : Penderita diabetes harus mengonsumsi makanan khusus (special diabetic foods)

Fakta : Aturan makanan sehat untuk penderita diabetes berlaku sama untuk semua orang yang ingin konsumsi makanan diet sehat yaitu rendah lemak (jenuh dan tak jenuh), sedikit garam dan gula, protein yang sesuai, gandum dan buah tertentu. Menu makanan diabetic dan diet tersebut pada dasarnya tidak memberikan keuntungan tersendiri karena kebanyakan masih tetap meningkatkan kadar gula. Selain itu harga selalu lebih mahal dan masih mengandung laxative effect.

5. Mitos : Penderita diabetes hanya boleh mengonsumsi makanan berkarbohidrat (starchy foods) seperti roti, kentang dan pasta.

Fakta : Starchy foods bisa jadi merupakan bagian dari menu makanan sehat, tetapi kunci utamanya adalah pada porsi. Roti gandum, sereal, pasta, nasi and sayuran berkabohidrat seperti kentang, singkong, kacang-kacangan dan jagung bisa anda masukkan dalam daftar makanan atau kudapan. Sebagai tambahan, buah, susu, yogurt merupakan sumber karbohidrat yang anda perlu masukkan dalam daftar makanan anda.

Lalu, berapa jumlah karbohidrat yang anda perlukan? Mulai dari 45-60 grams karbohidrat per tiap makan. Jumlah pastinya akan sangat tergantung dari kondisi anda. Karena itu jumlah tepatnya adalah hasil konsultasi anda dengan tenaga profesional.

6. Mitos : Penderita diabetes tidak boleh makan gula atau coklat

Fakta : Bisa, jika merupakan bagian dari healthy meal plan, kombinasikan dengan olahraga. Penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi gula dan menu desserts yang terkenal manis itu. Kuncinya adalah mengonsumsinya dalam porsi yang kecil dan dalam acara-acara tertentu saja. Jadi anda harus lebih perhatikan daftar makanan sehat (healthful foods) yang sudah anda rancang.

7. Mitos : Diabetes bisa menular

Fakta : Tidak, diabetes tidak menular layaknya flu. Diabetes lebih bersifat genetik, terutama tipe 2 diabetes.

8. Mitos : Ketika dokter merekomendasikan penggunaan insulin berari anda gagal menangani kondisi diabetes.

Fakta : Secara umum, tipe 2 diabetes berkembang secara progresif. Tubuh secara berangsur-angsur berkurang memproduksi insulin. Sejalan dengan itu tidak cukup hanya dengan konsumsi obat untuk mempertahankan kadar glukosa darah yang normal. Oleh karena itu penggunaan insulin untuk kesehatan adalah sesuatu yang baik.

9. Mitos : Buah adalah makanan yang sehat, karena itu boleh dikonsumsi sebanyak apapun yang kita mau

Fakta : Memang benar buah adalah jenis makanan yang sehat terdiri dari serat, banyak vitamin dan mineral. Namun buah juga mengandung karbohidrat, oleh karena itu mengonsumsinya tetap harus dalam kerangka meal plan. Jumlah, frekuensi dan tipe buah yang bisa anda konsumsi tetap harus dikonsultasikan dengan tenaga professional.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *