Kontrol Gula Darah, Tekanan Darah dan Kolesterol Agar Selalu Sehat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Judul di atas mungkin memberi kesan seperti kalimat iklan. Tapi itulah yang sebenarnya, anda dapat sehat secara prima dengan memanage tiga hal di atas. Tracey Neithercot melalui majalah Diabetes Forecast mengungkapkan apa saja yang anda peroleh jika ketiga hal di atas anda kontrol dengan baik. Tetapkan pula target range yang sesuai dengan konsultasi pada tenaga profesional.

Otak

Untuk menjauhkan anda dari serangan stroke, pastikan kadar gula dalam darah, tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh berada pada range yang anda targetkan. Anda perokok? Segera berhenti! Miliki berat badan yang sehat dan normal.

Makan banyak buah dan sayuran, gandum, konsumsi makanan rendah lemak dan lemak sehat dalam jumlah kecil. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan hindari lemak trans. Olah fisik (olahraga) minimal 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

Mata

Untuk melawan gangguan penglihatan dan penurunan kinerja pembuluh darah dalam mata anda, pastikan kadar gula dalam darah dan tekanan darah pada range yang anda targetkan. Lakukan pemeriksaan dilated eye (pelebaran pupil mata) minimal sekali dalam setahun jika dokter menganjurkan dan minimal dua tahun sekali jika anda tidak memiliki masalah pada mata.

Gusi

Agar gusi dan gigi tidak terkena infeksi, pastikan kadar gula dalam darah pada range yang anda targetkan. Kunjungi dokter gigi secara teratur untuk pembersihan gigi secara rutin minimal tiap enam bulan. Bisa juga lebih dari itu, apalagi jika dokter gigi menganjurkan.

Jantung

Sama halnya dengan otak, untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung, pastikan kadar gula dalam darah, tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh berada pada range yang anda targetkan.

Bagi perokok, silahkan berhenti. Miliki berat badan yang sehat dan normal. Makan banyak buah dan sayuran, gandum, konsumsi makanan rendah lemak dan lemak sehat dalam jumlah kecil. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan hindari lemak trans. Olah fisik minimal 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

Liver

Kurangi resiko penimbunan lemak pada sel hati (liver) dengan mengurangi berat badan jika anda dalam kategori overweight atau obesitas dan pertahankan berat badan yang sehat sepanjang waktu.

Ginjal

Agar ginjal dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk membuang zat sisa yang tidak diperlukan tubuh, pastikan kadar gula dalam darah, tekanan darah berada pada range yang anda targetkan. Perbaharui selalu tes darah dan urin setiap tahun. Tes darah dan urin biasanya digunakan oleh dokter untuk memeriksa kesehatan ginjal anda.

Fungsi Seksual

Baik bagi pria dan wanita, kontrol kadar gula dalam darah bisa mencegah disfungsi seksual. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter tentang masalah anda, sebutkan setiap perubahan, dapat membantu anda mengetahui lebih awal jika ada kerusakan saraf dan pembuluh darah.

Sistem Pencernaan

Untuk mencegah kerusakan yang menghambat proses pencernaan, pastikan kadar gula dalam darah berada pada range yang anda targetkan. Konsultasikan setiap gejala gastrointestinal, seperti nyeri pada perut, diare dan konstipasi (kesulitan buang air besar) dengan tenaga profesional yang biasa anda kunjungi.

Pembuluh darah arteri pada kaki

Untuk menjaga aliran darah pada pembuluh darah sebagaimana mestinya pastikan kadar gula dalam darah, tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh berada pada range yang anda targetkan.

Anda perokok? Segera berhenti. Miliki berat badan yang sehat dan normal. Olah fisik (olahraga) minimal 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

Jika anda berusia di atas 50 atau lebih muda dari 50 tahun namun dengan kadar glukosa dan tekanan darah tinggi, kolesterol tidak normal, mengalami nyeri/rasa sakit saat olahraga, anda harus periksakan diri untuk pemeriksaan penyakit arteri perifer (Peripheral Arterial Disease) setiap lima tahun.

Kaki

Pastikan pembuluh darah di punggung kaki dan kaku anda tetap sehat dengan memperhatikan kadar gula dalam darah berada pada range yang anda targetkan. Periksa kaki anda setiap hari dan konsultasikan dengan dokter jika ada luka, infeksi ataupun masalah sirkulasi sebelum semuanya semakin parah.

Lengkap sudah kesehatan anda, dari kepala hingga kaki! Semoga membantu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *