6 Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Urat

Loading...

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang semakin lumrah kita dengar, karena selain akrab diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia, penyakit asam urat juga  terkadang diderita orang dewasa yang terlihat masih bugar.

Rasa nyeri yang datang secara tiba-tiba dan sering berulang merupakan ciri khas penyakit asam urat.

Biasanya penyakit ini juga menyertai beberapa penyakit hiperurikemia seperti meningkatnya kadar lemak darah, hipertensi, penyakit jantung koroner dan stroke, penyakit ginjal dan diabetes.

Penyakit asam urat terjadi karena tingginya volume zat purin yang dihasilkan oleh tubuh.

Ukuran normal purin untuk wanita adalah 2,6 – 6,0 mg/dl dan pada pria antara 3,0 – 7.0 mg/dl. Jika kadar purin ini melewati angka tersebut, maka gejala asam urat sudah mulai terasa.

Makanan yang bersumber dari produk hewani biasanya mengandung purin yang sangat tinggi, diantaranya adalah daging dan produk daging, hati, ginjal, sarden, makarel, unggas, asparagus, bayam, jamur dan kacang hijau.

Penyakit asam urat memang cukup meresahkan dan sangat menyakitkan, apalagi jika menyerang bagian persendian. Orang yang sudah tua jelas akan merasa lebih terganggu jika terserang penyakit ini.

Selain berkonsultasi ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan penurun kadar purin, cara alternatif yang dapat kita lakukan jika terserang penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi obat-obat herbal yang  dapat meredam rasa sakit sekaligus mengurangi zat purin di dalam darah kita secara alami.

Berikut ini adalah 6 obat herbal untuk penyakit asam urat:

1. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat membantu mengatasi penyakit  asam urat karena teh hijau kaya akan polifenol,  vitamin C dan vitamin E. Selain kandungan polifenol, senyawa epigallo atechin-3-gallate  yang terkandung dalam teh hijau dapat mencegah kerusakan sendi pada pasien asam urat.

2. Jahe Merah

Jahe Merah dengan nama ilmiah zingiber officinale ini dapat mengurangi peradangan pada sendi dan memperlancar  peredaran darah untuk mengurangi penumpukan asam urat.

3. Brotowali

Brotowali (tinospora cordifolia) mampu mengatasi hipertensi, kolesetrol  tinggi,  diabetes dan  meringankan asam urat karena brotowali ini mengandung  zat yang dapat meningkatkan sistem imun.

4. Legundi

Legundi (Vitex trifolia L) juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang cukup manjur untuk  mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dan sciatica.

5. Sidaguri

Sidaguri  (Sida rhombifolia) mengandung alkaloid ephedrine yang berkahasiat untuk mengobati asam urat yang Anda derita. Selain itu sidaguri juga dapat melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (astringent), merangsang produksi air seni (diuretik) dan menguatkan stamina anda.

6. Jintan

Jintan (Nigella sativa Linn) juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan sendi akibat asam urat. Selain itu, jintan hitam juga berkhasiat mengobati penyakit asma, flu dan alergi, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah batu empedu, mencegah kanker, dan banyak lainnya.

************

Memanfaatkan obat herbal untuk mengatasi penyakit asam urat, selain berkhasiat tinggi, juga harganya murah dan mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, tak ada salahnya jika Anda pun mulai mencoba dan menggunakannya.

INFO TERBARU:

Untuk pengobatan asam urat secara tuntas, kami rekomendasikan Anda mencoba obat asam urat herbal Assalam. Silahkan baca selengkapnya tentang pengobatan asam urat dengan Assalam Herbal di sini, atau kunjungi situs www.obatiasamurat.com.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *